2 Pejabat Indramayu Kembali Terpilih Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional

DISKOMINFO INDRAMAYU – Setelah sebelumnya 3 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu terpilih untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II, kini kembali 2 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah menduduki berbagai jabatan terpilih mewakili Kabupaten Indramayu untuk mengikuti PKN Tingkat II Angkatan XXIII, bersama pejabat lain se-Indonesia.

Kedua pejabat tersebut adalah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, dr. H. Deden Bonni Koswara, M.M., dan Dra. CH. Iin Indrayati, M.Si. yang saat ini menjabat  Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan.

Program Pelatihan Kepemimpinan Nasional ini diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Nasional dan Manajerial ASN Lembaga Administrasi Negara. PKN Tingkat II Angkatan XXIII tahun 2021 yang diikuti oleh 2 ASN asal Kabupaten Indramayu ini, dilaksanakan di Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

PKN Tingkat II Angkatan XXIII Tahun 2021 dimulai pada tanggal 3 Agustus s.d. 19 November 2021. Mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19, PKN Tingkat II Angkatan XXIII masih menggunakan metode pembelajaran yang dilaksanakan secara distance learning (Pembelajaran Jarak Jauh). Melalui metode distance learning itu, peserta mengikuti pembelajaran dari tempat kedudukan masing-masing dengan memanfaatkan teknologi informasi Learning Management System (LMS) dan aplikasi online video meeting/conference.

Acara pembukaan PKN Tingkat II Angkatan XXIII Tahun 2021 telah dilaksanakan pada hari Selasa (3/08/2021) yang lalu secara virtual dan dibuka secara resmi oleh Kepala LAN RI, Bapak Dr. Adi Suryanto, M.Si.

Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Drs. YB. Jarot Budi Harjo dalam laporan penyelenggaraannya menyampaikan, PKN Tingkat II bertujuan untuk mengembangkan kompetensi peserta dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama. Peserta berjumlah 60 orang dengan rincian: Pemerintah DIY : 5 orang; Pemkab Kulon Progo DIY : 5 orang; Pemkot Yogyakarta DIY : 5 orang; Pemkab Sleman DIY : 1 orang; Pemkab Gunungkidul DIY : 2 orang; Pemkab Bantul DIY : 4 orang; Pemprov Kalimantan Barat : 3 orang; Pemkab Belitung Timur : 2 orang; Pemkab Kuningan : 9 orang; Pemkab Mempawah : 2 orang; Pemkab Indramayu : 2 orang; Pemkab Rejang Lebong : 1 orang; Pemkab Jepara : 3 orang; Pemkab Ogan Komering Ilir : 5 orang; Pemkab Ogan Komering Ulu : 1 orang; Pemkot Cirebon : 2 orang; Pemkab Padang Pariaman : 1 orang; Pemkab Boven Digoel : 1 orang; Kantor Arsip Nasional Republik Indonesia : 1 orang; Badan Pengawas Pemilihan Umum : 1 orang, dan Pemprov Papua Barat : 1 orang

Gubernur DIY, BRM. Herjuno Darpit/KGPH. Mangkubumi yang lebih dikenal dengan sebutan Sri Sultan Hamengku Buwono X yang turut menghadiri acara pembukaan PKN Tingkat II Angkatan XXIII  dalam sambutannya mengatakan, tepat tanggal 3 Agustus 2021, PPKM di berbagai level di semua provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia telah memasuki tahap baru.

“Konsekuensinya adalah kepemimpinan yang disiapkan untuk mengatasi hal tersebut adalah kepemimpinan dengan tipe adaptif, kolaboratif, dan efektif,” kata Sri Sultan.

Di tempat terpisah, Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar sangat mendukung PKN Tingkat II tersebut. Orang nomor satu Indramayu berharap, dengan pola PKN yang baru, dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas, memiliki integritas, dan berwawasan luas guna mewujudkan Indramayu Bermartabat.

Sementara itu, pejabat yang mengikuti PKN, Iin Indrayati mengaku siap untuk mengemban tugas. Membawakan proyek perubahan (Proper) berjudul “Strategi Pengembangan Potensi Unggulan Daerah melalui Agro Wisata Mangga Terpadu ‘Samara Ayu’ di Kabupaten Indramayu”, Iin siap memberikan sumbangsih pemikirannya untuk Indramayu Bermartabat.

Hal senada diungkapkan dr. Deden. Dalam Proper dengan judul “Gerakan Penurunan Stunting Indramayu Terpadu” atau ‘Gesit’, pihaknya siap membawa perubahan untuk Indramayu Bermartabat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu Rinto Waluyo mengaku sangat mendukung  2 pejabat yang mengikuti PKN itu. Menurutnya, 2 pejabat tersebut merupakan putra-putri terbaik yang dimiliki oleh Kabupaten Indramayu saat ini.

Rinto yang juga menjadi mentor (Red: Pembimbing) dari keduanya, berpesan agar setelah PKN Tingkat II selesai, dapat memberi inovasi dan kontribusinya untuk kemajuan daerah sekaligus mewujudkan Indramayu Bermartabat. (Agus/Dedy–Tim Publikasi Diskominfo Indramayu).