Bulog Indramayu Salurkan Beras 10 Kilogram Kepada PKH dan BST

DISKOMINFO INDRAMAYU – Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Indramayu mendistribusikan Bantuan Sosial (Bansos) beras sebanyak 10 kilogram kepada penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19.

Penyaluran bansos beras 10 kilogram itu, dibuka secara simbolis oleh Asisten Daerah Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Maman Kostaman bersama Kepala Pimpinan Kantor Cabang Bulog Cabang Indramayu Dadan Irawan, dan sejumlah Pendamping PKH dan BST di Kantor Distributor Center Pekandangan Bulog Cabang Indramayu, Senin (19/7/2021) yang lalu.

Maman mengatakan, sebanyak 122.585 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) akan menerima bansos berupa beras 10 kilogram. Bantuan ini setidaknya bisa membantu kebutuhan pangan masyarakat selama dilaksanakannya PPKM Darurat Covid-19.

“Melalui launching tadi program jaring pengaman sosial (JPS) dilakukan oleh pemerintah. Mudah-mudahan di masa PPKM Darurat kebutuhan pangan masyarakat tetap terpenuhi, adapun pelaksana yang ditunjuk oleh pemerintah adalah Bulog Cabang Indramayu,” katanya.

Sementara itu Kepala Pimpinan Kantor Cabang Bulog Indramayu Dadan Irawan menjelaskan, teknis penyaluran bantuan beras 10 kilogram kualitas medium akan dilakukan melalui transporter untuk sampai ke setiap kelompok penerima manfaat (KPM) di masing-masing desa. Sedangkan target pendistribusian sesuai Instruksi Kementerian Sosial mulai 15 Juli hingga 16 Agustus 2021.

“Teknisnya ialah kami menyediakan beras kemasan 10 kilogram dengan kualitas medium, kemudian diserahkan kepada transporter hingga sampai ke tangan KPM di desa-desa. Nanti kami koordinasi dengan Dinsos Indramayu melalui koordinator PKH maupun BST, sehingga nanti mungkin disepakati titik pembagian untuk beras 10 kilogram yang disalurkan kepada masing-masing KPM,”jelasnya.

Ditempat yang sama Plt. Kepala Dinas Sosial Indramayu Sugeng Heryanto menerangkan, terkait dengan pengawasan, pihaknya mengawasi pendistribusian agar penyaluran bansos beras 10 kilogram sampai kepada penerima di setiap desa.
“Kita ini mengawasi dari sisi distribusi secara langsung, bahwa akan membantu dari teman-teman Bulog Cabang Indramayu hingga di lapangan, mudah-mudahan dengan konsep tadi penerima bantuan ini akan sampai kepada penerima sesuai data yang ada,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Maman secara simbolis menyerahkan beras kemasan 10 kilogram untuk masyarakat kategori PKH dan BST dari Desa Pekandangan Indramayu.

(Oyib/Dedy—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu).