Diskominfo Indramayu Salurkan Bantuan Bagi Balita Stunting di Kecamatan Tukdana

DISKOMINFO INDRAMAYU – Bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam penanganan kasus stunting (Red: Gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi) secara konvergensi terus dilakukan oleh sejumlah perangkat daerah melalui program yang ditetapkan.

Hal itu yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu dalam memberikan bantuan kepada balita terindikasi stunting yang ada di wilayah Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu, Jum’at (6/1/2023).

Kepala Diskominfo Kabupaten Indramayu Aan Hendrajana melalui Sekretaris Iman Hadirokhman menyerahkan secara langsung bantuan berupa 1 kilogram telur dan susu kotak sejumlah 15 buah kepada orang tua balita didampingi Camat Tukdana Asep Afandy beserta bidan dan kepala desa setempat.

Dikatakan Sekretaris Diskominfo Kabupaten Indramayu Iman Hadirokhman menyampaikan, penyaluran bantuan untuk peningkatan gizi bagi balita terindikasi stunting tersebut merupakan intruksi Bupati Indramayu Nina Agustina bahwa setiap perangkat daerah harus turut serta mensukseskan upaya pencegahan stunting di Kabupaten Indramayu.

Setelah dilakukan penyerahan bantuan, dilanjutkan adanya monitoring berat badan balita yang diselanggarakan Posyandu setempat, dimana pada saat penimbangan indikasi Bawah Garis Merah (BGM) menunjukkan peningkatan ditandai dengan garis warna kuning menuju hijau artinya setelah mendapat 3 bulan pendampingan program bantuan, maka balita tersebut dinyatakan normal dan berhasil menambah tingkatan gizi untuk mendukung tumbuk kembang balita.

Sementara Camat Asep Afandy mengatakan, dengan bantuan tersebut bisa menekan angka stunting di Kecamatan Tukdana serta mengharapkan pada tepatnya pemanfaatan bantuan untuk para balita penerima.

“Semoga dengan bantuan ini, dapat menurunkan angka stunting di kecamatan Tukdana selain itu saya mengharapkan bantuan telur dan susu tersebut tepat dalam penggunaanya, agar si balita benar-benar mendapatkan peningkatan gizi,” katanya. (Isn/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)