Dokmaru Puskemas Lohbener Gercep Tangani Pasien Yang Tidak Mampu

Dokmaru Puskemas Lohbener Gercep Tangani Pasien Yang Tidak Mampu

DISKOMINFO INDRAMAYU — Menjadi langkah konkret Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar bahwa keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi terus diimplementasikan dalam Program Dokter Masuk Rumah (Dokmaru). Program ini sudah dirasakan manfaatnya oleh segenap masyarakat Indramayu yang membutuhkan pertolongan kesehatan sedini mungkin.

Salah satunya seperti yang dialami Esih Yuliyanti warga Desa Rambatan Kulon Blok Balong Gang Kresna Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu yang mengalami sakit ditambah keadaan ekonomi yang menerpa keluarganya menjadi perhatian banyak pihak.

Bersyukur aduan lewat layanan Indramayu Cepat Tanggap (I-Ceta) pasien tersebut mendapatkan penanganan kesehatan dari program Dokmaru yang gercep dilaksanakan jajaran Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) Lohbener Kabupaten Indramayu dengan mendatangi kediamannya langsung.

Kepala Puskemas Lohbener dr. Andri mengatakan, Pemerintah Kabupaten Indramayu akan selalu hadir membantu kesehatan masyarakat. Hal itu yang dirasakan Esih Yulianti karena terbatas ekonomi dan persyaratan lainnya kini bisa dirujuk di Rumah Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Indramayu untuk mendapatkan penanganan yang serius.

“Awalnya pasien tidak mau dirujuk mengingat tidak punya BPJS atau KIS. Kemudian kita berikan motivasi kalau di Indramayu bisa menggunakan SKTM. Insya Allah desa dan kecamatan juga akan membantu. Alhamdulillah pasien sudah dirujuk dan keluarga merasa bahagia dan berharap kesembuhan,” katanya saat dikonfimasi Diskominfo Indramayu, Senin (20/6/2022).

dr. Andri menegaskan, Puskemas Lohbener juga akan senantiasa siap melayani masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan dengan keterbatasan ekonomi, misalnya memfasilitasi ambulance gratis untuk orang tidak mampu. (MT/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)