Kepala DPA Kabupaten Indramayu Lepas Delegasi GLN Gareulis Indramayu

Kepala DPA Kabupaten Indramayu Lepas Delegasi GLN Gareulis Indramayu

DISKOMINFO INDRAMAYU — Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan melepas Kelompok Kerja (Pokja) Gerakan Literasi Nasional (GLN) Gareulis Kabupaten Indramayu, di Halaman Kantor DKP Kabupaten Indramayu, Jum’at (5/8/2022).

GLN Gareulis Kabupaten Indramayu ini merupakan peserta yang lolos sebagai nominator yang meliputi 11 sekolah antara lain SDN 2 Teluk Agung, SMPN 1 Sindang, SMPN 2 Sindang, SMPN 4 Sindang, SMPN Unggulan Sindang, SMPN 2 Indramayu, SMPN 1 Kandanghaur, SMPN 1 Haurgeulis, SMAN 1 Sindang, SMAN 2 Indramayu, dan SMAN 1 Terisi.

Mereka akan mengikuti Festival dan Penganugerahan Literasi GLN Gareulis Provinsi Jawa barat mulai 6 Agustus 2022 yang akan berlangsung, di Gedung Youth Centre Arcamanik, jalan Pacuan Kuda No. 140 Sukamiskin Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dikatakan Kepala DPA Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan, GLN Gareulis Jabar lahir sebagai pengejawantahan dari SK. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat No. 181/PUS.05.06.03/KEP-DISPUSIPDA/2021 tentang Pokja Literasi GLN Gareulis Jabar sebagai bentuk kepedulian praktisi, pemerhati Pendidikan, dan pegiat literasi terhadap peningkatan implementasi literasi dilingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat.

“Program ini sudah berlangsung selama periode 2020 – 2021 diikuti lebih dari 5000 peserta kategori Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Gerakan Literasi Masyarakat (GLM), dan Gerakan Literasi Keluarga (GLK) dari 27 kota atau kabupaten/kota se-Jawa Barat. Kabupaten Indramayu yang terpilih sebagai nominator atas keberhasilan peserta menyelesaikan Tantangan Literasi. Pada 6 Agustus besok akan diselenggarakan Penganugerahan dan Festival Literasi tingkat Jawa Barat,” katanya.

Kepala DPA Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan mengharapkan, sebagaimana keinginan Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar peserta dari GLN Gareulis Kabupaten Indramayu yang mengikuti Penganugerahan & Festival Literasi GLN Gareulis Jabar bisa meraih juara.

“Seperti yang di harapkan oleh Bupati Indramayu Nina Agustina, semoga perwakilan Indramayu menjadi juara di tantangan dan lomba Literasi GLN Gareulis Jawa Barat tahun 2022 dan mengharumkan nama kabupaten Indramayu,” harapannya.

Selain itu, apapun hasil yang diraih bisa memotivasi masyarakat Indramayu terutama generasi muda untuk membangun minat dan gemar membaca dan dapat mengunjungi Perpustakaan Daerah (Perpusda) Indramayu yang sudah menyediakan tempat membaca untuk menggali ilmu pengetahuan dengan fasilitas modern dan nyaman.

“Semoga hasil yang kita inginkan bisa memotivasi masyarakat Indramayu khususnya generasi muda agar gemar membaca. Selain itu bisa mengunjungi Perpuda Indramayu karena kami memberikan banyak bacaan buku untuk menggali ilmu pengetahuan dengan fasilitas yang nyaman demi memenuhi penyediaan SDM daerah yang berkualitas. Salah satunya dengan literasi menuju Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat),” ujarnya.

Sementara itu Ketua GLN Gareulis Kabupaten Indramayu Lilis Yuningsih menyampaikan, dirinya dan anggota lainnya merasa bersyukur bisa lolos dan sebagai nominator Penganugerahan & Festival Literasi GLN Gareulis Jabar.

“Alhamdulillah perwakilan Indramayu dapat lolos sebagai juara pada acara tersebut dan DPA Kabupaten Indramayu turut mengikuti pameran literasi Jawa Barat sebagai peserta,” ungkapnya. (Teno/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)