Kominfo Dukung Percepatan Transformasi Digital Lewat Program DTS 2023

DISKOMINFO INDRAMAYU — Dalam rangka pelaksanaan percepatan transformasi digital, Badan Litbang SDM Kemenkominfo RI melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Bandung (BPSDMP Kominfo Bandung) memperkenalkan program Digital Talent Scholarship (DTS) Tahun 2023.

Sosialisasi DTS kali ini diselenggarakan secara luring di Harper Hotel Purwakarta pada Ahad – Selasa (13-15/11/2022). Acara ini diikuti oleh sejumlah mitra Pemerintah Daerah seperti Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan, serta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

DTS merupakan program pelatihan kecakapan digital yang diinisiasi Kementerian Kominfo sejak tahun 2018, dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing masyarakat pada sektor digital di level teknis atau menengah.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala BPSDMP Kominfo Bandung Betty Djuliati. Dalam sambutannya Betty mengatakan Program Digital Talent Scholarship bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing, produktivitas, profesionalisme SDM bidang teknologi informasi dan komunikasi bagi angkatan kerja muda Indonesia, masyarakat umum, dan aparatur sipil negara.

Lebih lanjut Betty mengatakan Program Digital Talent Scholarship tahun 2023 didesain untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran pentahelix (pemerintah, komunitas/masyarakat, institusi pendidikan tinggi, dunia usaha, dan media) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.

Pada Tahun 2023 Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan mencetak 200.000 talenta digital dalam 8 program pelatihan yaitu Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Thematic Academy (TA), Professional Academy (ProA), Government Transformation Academy (GTA), Digital Enterpreneurship Academy (DEA), Digital Leadership Academy (DLA), dan Talenta Scouting Academy (TSA).

Dalam akhir sambutannya Betty mengatakan “Saya berharap Bapak/Ibu ikut berpartisipasi dan menjadi bagian guna pemenuhan target program pada tahun 2023,” ujarnya. (bp — Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)