Lakukan Gerakan Kebersihan Secara Sukarela, Akhirnya Relawan Muda Kujang Jaya Dikirimi Kendaraan Roda 3

Lakukan Gerakan Kebersihan Secara Sukarela, Akhirnya Relawan Muda Kujang Jaya Dikirimi Kendaraan Roda 3

 

DISKOMINFO INDRAMAYU – Bertahun-tahun para pemuda ini melaksanakan gerakan kebersihan secara sukarela dengan menggunakan sarana seadanya dan tanpa berharap pamrih. Kegigihan para pemuda tersebut akhirya terdengar oleh Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina. Tanpa menunggu lama, orang nomor satu Indramayu itu segera bertindak dengan mengirimkan kendaraan operasional roda 3 yang dikirim langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indramayu.

Para Pemuda penjaga kebersihan ini adalah pemuda yang berhimpun dalam ‘Relawan Muda Kujang Jaya’. Mereka merupakan perkumpulan pemuda di Kecamatan Cantigi yang secara sukarela melakukan gerakan kebersihan dari satu tempat ke tempat lainnya. Bahkan seringkali melintasi antar desa di Kecamatan Cantigi, dan dilakukan selama bertahun-tahun.

Kendaraan Roda 3 bantuan Bupati Indramayu melalui DLH tersebut diserahkan Camat Cantigi, Rusyad Nurdin kepada Ketua Kujang Jaya, Iman, Rabu (14/4/2021), di halaman Kantor Kecamatan Cantigi

Camat Cantigi Rusyad Nurdin mengatakan, Relawan Muda Kujang Jaya ini sangat aktif dalam melakukan gerakan kebersihan lingkungan. Selama ini mereka bergerak sendiri dan banyak membantu kebersihan di tengah warga sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakatnya sekitarnya.

“Sinergitas dan kebersemaan antara pemerintah dan masyarakat terus kita lakukan di Kecamatan Cantigi. Para relawan ini sudah lama berkiprah untuk menciptakan kebersihan. Untuk itu hari ini kita berikan kendaraan roda 3 dengan status pinjam pakai dari Dinas Lingkungan Hidup,” kata Rusyad.

Sementara itu Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Aep Surahman mengatakan, pihaknya sangat mengapresasi adanya kelompok atau relawan pemuda dalam menciptakan kebersihan di lingkungannya. Apalagi mereka memiliki semangat yang tinggi.

“Ibu Bupati sangat apresiasi terhadap relawan ini. Kita kirimkan kendaraan operasional untuk angkut sampah bagi mereka untuk melaksanakan kegiatan kebersihan lingkungan. Dengan
adanya kendaraan ini semoga kebersihan di Kecamatan Cantigi semakin terjaga,” tegas Aep.

Sementara Ketua Kujang Jaya, Iman mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Pemerintah Kabupaten Indramayu yang telah membantu kendaraan operasional tersebut. Kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat diharapkan akan terus terjalin selamanya. (Aa Deni/Dedy-Diskominfo Indramayu)