Malam Puncak KAMU AKU KITA INDONESIA 2022, Penampilan LBSI Kejutkan Dewan Juri

Malam Puncak KAMU AKU KITA INDONESIA 2022, Penampilan LBSI Kejutkan Dewan Juri

DISKOMINFO INDRAMAYU — Dalam rangka merayakan Hari Musik Nasional yang bertepatan pada tanggal 9 Maret 2022, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengadakan Lomba KARYA MUSIK ANAK KOMUNITAS (KAMU AKU) KITA INDONESIA Tahun 2022, di Gedung Sapta Pesona Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia pada Kamis (30/06/2022).

Lomba KAMU AKU KITA INDONESIA 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI ini diikuti 700 lebih komunitas dari seluruh nusantara termasuk dari Kota Mangga yang diwakili Lembaga Seni dan Budaya Indramayu (LBSI).

Pada malam puncak lomba KAMU AKU KITA INDONESIA 2022 ini, LBSI telah lolos 5 besar karya terbaik yang mewakili keberagaman wilayah barat hingga timur Indonesia dan bersaing dengan 4 kandidat lain yang berasal dari Papua, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara dan Bali.

Dalam penampilannya LBSI membawakan karya ÔÇťNusantara Maha Cipta PertiwiÔÇŁ oleh Syayidin. LBSI beranggotakan Edi Supriyadi (Ketua LBSI dan Pemusik Gamelan Pentatoni), Syayidin (Komposer, Percusion Pentatonis dan Pencipta Lagu), Umar Syarif (Aranger Piano IDM), Wata (Flute Tradisional), Agung Suprayogi (Koordinator Musik) dan Arin DA (Vokalis) dan Sinden Dwiki CJ.

Selain itu LBSI tidak hanya seni musik dan tari saja, tetapi terdapat kejutan dalam penampilan tersebut, yakni LBSI membawakan proses melukis pada kanvas yang didedikasikan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA.

Atas penampilannya ini, LBSI mendapatkan penghargaan Juara Harapan 1 mengalahkan perwakilan dari Sumatra Selatan pada malam puncak lomba KAMU AKU KITA INDONESIA 2022 tersebut. LBSI hadir sebagai destinasi mengayomi pertumbuhan seni dan budaya, bersinergi dengan program Kemenparekraf RI untuk Kabupaten Indramayu dan Jawa Barat dan Nusantara Maha Cipta Pertiwi adalah karya sebagai apresiasi yang menterjemahkan KAMU AKU KITA Indonesia pada titik nilai kebangsaan.

Dalam sambutanya Menparekraf RI Sandiaga Uno mengatakan, perhelatan KAMU AKU KITA INDONESIA 2022 ini sebagai bentuk apresiasi keberagaman budaya bangsa kita, bahwa musik nusantara Indonesia sebagai wadah bagi komunitas musik di seluruh negeri untuk menampilkan karya-karya kreatif.

ÔÇťKAMU AKU KITA INDONESIA 2022 menjadi wadah komunitas musik di penjuru negeri dan menjadi apresiasi untuk mereka, sehingga malam ini kita sudah menyaksikan bersama-sama 5 karya komunitas anak unggulan yang membuat juri dan saya terkesima. Tahun ini penampilannya sangat berkualitas, menarik dan semoga finalis yang sekarang bisa menapak karir yang lebih baik lagi kedepannya,ÔÇŁ katanya.

Sementara itu juri KAMU AKU KITA INDONESIA 2022 Ivan Nestroman mengharapkan, para peserta yang berhasil meraih juara bisa ditularkan kepada juniornya untuk bisa tampil kembali dan bagi yang belum lolos dapat terus berkarya demi musik nusantara.

┬áÔÇťDengan adanya acara tersebut, akan membangkitkan harapan untuk merevitalisasi motif-motif yang ada di nusantara melalui festival ini dan akan mendapatkan hasil yang terbaik yang diharapkan dapat diwariskan pada generasi mendatang di Indonesia,ÔÇŁ harapannya (Isnaini/MTQÔÇöTim Publikasi Diskominfo Indramayu)