Manfaatkan IT Pelayanan Publik Cermin Penyelenggaraan Pemerintah

Berhasil atau tidaknya penyelenggaraan pemerintahan dalam melayani masyarakat, ditentukan oleh berhasil dan tidaknya sistem pelayanan publik di daerah itu sendiri. Oleh karena itu bagi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang memberikan pelayanan langsung kepada publik, seperti Rumah Sakit, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Perhubungan, Dinas Perijinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, diharapkan harus benar-benar serius dan mengubah mindset aparaturnya menjadi pelayan yang baik, serta harus berani melakukan terobosan yang inovatif, yang salah satunya adalah melalui pemanfaatan teknologi informasi di era digital saat ini.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Indramayu, H. Supendi, ketika membuka Pendidikan Latihan Teknis Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Indramayu dengan di Hotel Wiwi Perkasa, Senin (28/08/2017).

Supendi menegaskan, peningkatan kualitas pelayanan public merupakan amanat dari Undang-Undang No. 25/2009 tentang pelayanan public, dengan demikian SKPD diwajibkan agar memberikan pelayanan prima. Inovasi-inovasi dalam pelayanan public mutlak diperlukan agar pelayanan semakin cepat, makin baik dan murah.

“Hilangkan berbagai kendala yang dapat mengurangi produktivitas dan menghambat akselarasi laju pembangunan nasional. Pelayanan public harus bisa terus bergerak dan inovatif. Saat ini SKPD harus bisa memanfaatkan teknologi informasi (Red: IT) digital agar pelayanan semakin mudah cepat dan murah,” tegas wabup.

Wabup menambahkan, peningkatan pelayanan public adalah salah satu titik penting dari keseluruhan reformasi birokrasi di Indonesia. Pemerintah melalui PP No. 81/2010 tentang grand design reformasi birokrasi 2010-2025 memberikan kerangka pikir perubahan sitematis birokrasi pemerintahan Indonesia melalui program-program di bidang kelembagaan dan tata laksana, peraturan perundangan-undangan, SDM, pengawasan, akuntabilitas, kinerja, pelayanan public, pola pikir dan budaya kerja aparatur. Program-program tersebut pada prinsipnya harus dilakukan secara sinergis.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Indramayu, Drs. H. Edi Mulyadi Sahman, M.M. mengatakan, kegiatan Diklat Pelayanan Publik tersebut diikuti 35 peserta yang berasal dari pejabat dan pelaksana penyelenggara pelayanan publik di lingkungan Pemkab Indramayu. Kegiatan ini berlangsung selama 9 hari, mulai tanggal 28 Agustus sampai dengan 8 September 2017 dengan kredit waktu 84 jam.

Sedangkan untuk materi yang diberikan yaitu, konsep dan kebijakan dalam pelayanan public, standar pelayanan public, strategi dan standar peningkatan pelayanan public, strategi peningkatan kualitas layanan public, pola penyelenggaraan, pengelolaan pengaduan, indeks kepuasan masyarakat, dan benchmark best practice. DENI SANJAYA / Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Indramayu

 

TERBARU

Libur Lebaran 2024, Kunjungan Wisatawan di Indramayu Tembus 103.062 orang. Ini Objek Wisata Paling Banyak Dikunjungi
Dorong Peningkatan Kualitas SDM, Pemuda Indramayu Sambangi Kemenpora RI
Sidak Hari ke-2, Pelayanan Publik Berjalan Normal
Hari Pertama Kerja Pasca Libur Idulfitri, Kehadiran ASN Indramayu Mencapai 98,15 %
Dukung Kelancaran Mudik, Bupati Indramayu Nina Agustina Siapkan Layanan Air Bersih Dan Toilet Bagi Pemudik
Ribuan Umat Muslim Padati Salat Idulfitri di Alun-alun Puspawangi Indramayu
H-1 Lebaran Menhub dan Bupati Nina Agustina Pantau Langsung Pantura Indramayu
Senyum Sumringah Para Petugas Kebersihan, Terima THR dari Bupati Indramayu
Raih Keberkahan Ramadan, DKM Masjid Jami Nurul Huda Santuni Anak Yatim
Petugas Gabungan Terus Razia Penyapu Koin di Jembatan Sewo
RSUD Pantura M.A.Sentot Patrol Siapkan Layanan Terbaik
GPM Serempak, 100 Ton Beras Didistribusikan ke Seluruh Kecamatan di Indramayu
Sudut Baca Bermartabat, Berikan Rasa Nyaman Bagi Pemudik Saat Singgah Di Kabupaten Indramayu
Forum Indramayu Studi Hadirkan Kedai Kopi Spesial Nusantara Berdayakan Disabilitas
Rajut Sinergitas dan Keberkahan, PCNU Indramayu Adakan Buka Puasa bersama.
Disdikbud Lakukan Pembinaan Untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Indramayu
Bulan Penuh Berkah, Bupati Nina Salurkan Ribuan Pasang Sepatu Untuk Anak Sekolah
Akad Massal KPR Bersubsidi, Bupati Nina : "Cara Mudah Masyarakat Miliki Rumah"
1.786 Personil Siap Amankan Hari Raya Idul Fitri
Unik dan Enak, Nastar Mangga 'Mimide' merambah Luar Indramayu sampai ke Hongkong.
Scroll to Top