Peduli Kampung Halaman, Permai Ayu DKI Jakarta Gelar Pekan Bakti Daerah 2021

 

Di tengah pandemi Covid-19, Persatuan Mahasiswa Indramayu (Permai Ayu) DKI Jakarta melaksanakan kegiatan bakti sosial dan penanaman pohon di Desa Drunten Wetan, Kecamatan Gabuswetan, Kabupaten Indramayu pada Minggu (12/9/2021). Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka Pekan Bakti Daerah 2021.

Permai Ayu adalah organisasi kemahasiswaan yang beranggotakan mahasiswa asal Kabupaten Indramayu yang menimba ilmu di sejumlah perguruan tinggi yang ada di DKI Jakarta.

Kegiatan Pekan Bakti Daerah 2021 Permai Ayu berupa penanaman 800 bibit pohon di sepanjang aliran sungai dan lahan kritis milik warga di Desa Druntenweta ini terselenggara berkat kerja sama dengan Pemerintah Desa Drunten Wetan dan Kelompok Tani Sejahtera. Harapannya adalah pohon tersebut dapat mencegah terjadinya erosi aliran sungai, menahan tanggul dari longsor, serta menyerap gas karbon monoksida di lingkungan sekitarnya.

Kepala Desa Druntenwetan, H. Abdul Malik, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat positif untuk kalangan mahasiswa terjun langsung melaksanakan pemberdayaan dan melestarikan kondisi ekologis lingkungan desa. Oleh karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung secara penuh penyelenggaraan kegiatan oleh Kelompok Tani Sejahtera dan Permai Ayu DKI Jakarta di Desa Druntenwetan.

“Saya sangat mengapresiasi mahasiswa Permai Ayu yang peduli dengan kampung halaman. Saya dan segenap masyarakat mendukung sepenuhnya kegiatan mahasiswa ini.” ujarnya

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Sejahtera Muhammad Muhit Mujadid menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi nyata kelompok tani dalam memajukan dan melestarikan lingkungan desa supaya lebih asri untuk masa mendatang.

“Menurut saya, selama pohon tersebut terus hidup dan memberi manfaat bagi makhluk hidup sekitarnya, ini merupakan amal bagi lingkungan.’ Ungkap Muhit.

Ketua Pelaksana Kegiatan Pekan Bakti Daerah 2021 Permai Ayu, Rizki Zakariya mengatakan bahwa pohon merupakan sumber kehidupan. Oleh karena itu penting bagi setiap mahasiswa setidaknya menanam 1 pohon setiap tahun. Terlebih Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sangat mendukung setiap program penanaman pohon dengan penyediaan bibit gratis bagi masyarakat yang hendak menanam di lingkungannya secara swadaya mandiri.

Setelah melakukan penanaman pohon, kegiatan dilanjutkan dengan menyalurkan 54 paket sembako untuk dhuafa dan anak yatim di Desa Drunten Wetan. Dengan pemberian paket sembako ini diharapkan masyarakat yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 dapat terbantu kebutuhan hidupnya.

Selanjutnya dilakukan juga penyaluran 40 mushaf Al Quran untuk musholla yang ada di Desa Drunten Wetan. Rizki berharap, bantuan mushaf Al Quran ini dapat menunjang kegiatan keagamaan masyarakat, khususnya untuk belajar dan tadarus Al-quran.

Selain itu, Pekan Bakti Daerah 2021 Permai Ayu juga menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Desain Grafis dan Copy Writing untuk masyarakat umum di Kabupaten Indramayu. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren Bolon, Blok Sampit, Desa Tenajar Lor, Kecamatan Kertasemaya selama dua hari pada 11-12 September 2021 dan diikuti oleh 37 peserta dari berbagai wilayah dan latar belakang masyarakat Indramayu.

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan SDM khususnya di kalangan millenial untuk siap memasuki era 4.0. (Sumber Berita: kiriman dari organisasi Permai Ayu. Dolah kembali oleh Diskominfo Indramayu).