Pemkab Indramayu dan Mubarokfood ‘Jenang Kudus’ Serius Rintis Kerjasama

Pemkab Indramayu dan Mubarokfood ‘Jenang Kudus’ Serius Rintis Kerjasama

 

 

DISKOMINFO INDRAMAYU — Pemerintah Kabupaten Indramayu dan produsen olahan makanan terkenal PT. Mubarokfood Cipta Delicia Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, serius mematangkan rencana kerjasama. 

Hal itu terungkap dalam kunjungan kerja Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar ke kantor pusat Mubarokfood di Kudus, beberapa waktu yang lalu.

Mubarokfood adalah produsen makanan dan minuman olahan besar di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Produk yang paling terkenal dari perusahaan ini adalah jenang dengan merek dagang ‘Jenang Kudus Mubarok’. 

Dalam kunjungannya, Bupati Nina diperlihatkan konsep pengembangan UMKM yang dikelola Mubarokfood. Konsep itu berhasil. UMKM berkembang pesat, produk Mubarok Food pun beredar ke seluruh Indonesia bahkan mancanegara. 

“Mempertahankan kualitas (keaslian) dan tampilan (ciri khas) menarik menjadi salah satu kunci keberhasilan kami dalam upaya menembus pasar nasional dan internasional,” ungkap Manajer Pemasaran Mubarokfood, Muhammad Kirom saat menjelaskan kepada Bupati Nina Agustina dan rombongan. 

Terkait UMKM, Kirom menjelaskan bahwa perusahaannya memberikan pembimbingan kepada masyarakat untuk mengembangkan usahanya melalui edukasi dan mambantu membuka pasar. 

“Kebetulan di tempat kami juga disediakan stand bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Tujuannya agar produk mereka ikut terangkat sehingga memberikan peluang usaha lebih besar bagi mereka,” imbuh Kirom. 

Usai mendengar seluruh penjelasan, Bupati Nina Agustina menyatakan ketertarikannya mematangkan kerjasama dengan Mubarokfood. Konsepnya akan dirumuskan lebih matang dan segera ditindaklanjuti.

Untuk tahap awal, kata Bupati Nina Agustina, Pemkab Indramayu akan menjadikan Mubarokfood sebagai pasar baru bagi komoditi unggulan Indramayu, yakni mangga. 

“Nantinya, mangga Indramayu akan kami kirim ke Mubarokfood lalu diolah menjadi makanan jadi, tentu saja dengan merek dagang Indramayu. Ini peluang sangat baik untuk pengembangan UMKM di Kabupaten Indramayu,” jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut, Orang nomor satu Indramayu itu menyempatkan diri berkeliling museum Mubarokfood yang ada di komplek perusahaan. Bupati Nina mengagumi koleksi benda-benda bersejarah yang ada di museum tersebut. 

“Koleksinya bagus banget, museum ini bisa menjadi wisata edukasi karena banyak menyajikan rangkaian sejarah Kudus, salah satunya adalah perjalanan jenang Kudus yang dibuat oleh Mubarokfood,” ujarnya. (Agus MT/Dedy–Tim Publikasi Diskominfo Indramayu).