Peringati Hari Hipertensi Sedunia, Puskemas Lohbener Gelar Deteksi Penyakit Tidak Menular Gratis dan Donor Darah

Peringati Hari Hipertensi Sedunia, Puskemas Lohbener Gelar Deteksi Penyakit Tidak Menular Gratis dan Donor Darah

 

DISKOMINFO INDRAMAYU — Dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia yang jatuh pada tanggal 17 Mei setiap tahunnya, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Lohbener Kabupaten Indramayu mengadakan berbagai kegiatan.

Salah satunya pemeriksaan kesehatan secara gratis khususnya terkait deteksi Penyakit Tidak Menular, di halaman kantor Puskemas Lohbener Kabupaten Indramayu, Jum’at (27/5/2022).

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kecamatan Lohbener dan sekitarnya. Mengapa tidak, masyarakat rela mengantri sejak pagi untuk memperoleh pemeriksaan kesehatan gratis tersebut.

Dikatakan Kepala Puskemas Lohbener Andri, deteksi Penyakit Tidak Menular ini meliputi skrining riwayat kesehatan, pengukuran Indeks Masa Tumbuh dan pemeriksaan tekanan darah.

Selain itu, Infeksi Visual Asam Asetat (IVA) atau deteksi kanker rahim sedini mungkin, pemeriksaan gula darah dan kegiatan donor darah.

“Alhamdulillah 50 orang hadir dan setelah ikut screening kesehatan berhasil 29 orang diantaranya menjadi pendonor. Saya mengajak kepada masyarakat untuk ayo deteksi penyakit tidak menular sedini mungkin, dengan datang langsung di setiap Puskemas di wilayah Kabupaten Indramayu,” katanya.

Andri mengajak, supaya masyarakat tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta tetap menjaga stamina dengan baik agar terhindar dari adanya penyakit. Disamping itu rutin check up kondisi kesehatan di setiap Puskemas terdekat di Kabupaten Indramayu. (MT/MTQ–Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)