Siapkan Langkah Kedepan Lebih Baik

Siapkan Langkah Kedepan Lebih Baik

Disduk-P3A Gelar Rakerda Bangga Kencana

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disduk-P3A) Kabupaten Indramayu menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Kabupaten Indramayu Tahun 2022 di aula Hotel Wiwi Perkasa 2 pada Selasa, 31/5/2022.

Untuk menyusun langkah ke depan lebih baik, Disduk-P3A mengundang stakeholder terkait di bidang kesehatan dan keluarga berencana dilingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu. Hadir dalam Rakerda tersebut perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian Dan Pengembangan (Bappeda-Litbang), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), dan juga Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Indramayu.

Turut hadir pula perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Indramayu, pemerintah kecamatan seluruh Indramayu, Puskesmas, TP PKK kecamatan, serta Petugas Lapangan Keluarga Berencana se-Kabupaten Indramayu.

Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Indramayu, Maman Kostaman membuka secara resmi RAKERDA Bangga Kencana.

Tampil sebagai pembicara pada kesempatan ini Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Dr. Drs. Wahidin, M.Kes yang menyampaikan materi tentang Penguatan Program Bangga Kencana di Kabupaten Indramayu. Dilanjutkan oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda-Litbang Kabupaten Indramayu Ninin Nurwulan yang menyampaikan materi tentang Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi di Kabupaten Indramayu.

Pembicara selanjutnya Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Indramayu Sri Anugraeni Supardi yang memaparkan Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi di Kabupaten Indramayu, dan ditutup dengan paparan tentang Peran TP PKK dalam Menggerakkan Keluarga Untuk Penurunan Angka Stunting di Kabupaten Indramayu yang disampaikan oleh Dr. Indra Ruswadi, S.Kep., Ns., M.PH dari Pokja IV TP PKK Kabupaten Indramayu.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Wahidin menyampaikan ada 9 capaian indikator Bangga Kencana Tahun 2021 di Kabupaten Indramayu. Dari 9 capaian indikator tersebut, 3 diantaranya sudah tercapai/sudah baik di Kabupaten Indramayu diantaranya adalah ASFR/Age Specific Fertility Rate (Angka Kelahiran menurut Umur), Tingkat Putus Pakai (Red: alat kontrasepsi) dan i-Bangga.

Bahkan Kabupaten Indramayu mempunyai nilai i-Bangga tertinggi di Jawa Barat, sehingga Kabupaten Indramayu, dinilai sebagai Kabupaten yang Paling Bahagia di Jawa Barat. Namun beberapa indikator lain masih perlu diperbaiki.

“Dan inilah yang merupakan tugas dan tanggung jawab kita semua, khususnya stakeholder yang ada di Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indramayu,” ujarnya.

Kepala Disduk-P3A Kabupaten Indramayu Ir. H. Takmid, MM mengatakan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyukseskan program Bangga Kencana yang merupakan program BKKBN Pusat.

“Kami akan terus berupaya semaksimal mungkin dengan berkolaborasi dan koordinasi dengan semua stakeholder terkait. Semoga dengan kerjasama semua pihak, upaya menyukseskan program Bangga Kencana sebagai salah satu cerminan masyarakat Indramayu yang Bermartabat dapat segera tercapai,” pungkasnya

(MTQ – Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)