Tak Hanya Siswa-Siswi TK Yang Berkegiatan Pada Sabtu Ceria, Orang Tua Pun Mendapat Edukasi Terkait Ketahanan Keluarga

Spread the love

DISKOMINFO INDRAMAYU – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Indramayu kembali hadir pada kegiatan sabtu ceria di Taman Tjimanoek untuk memberikan penyuluhan guna mewujudkan ketahanan keluarga, Sabtu (18/3/2023).

Sasaran dari penyuluhan tersebut merupakan para orang tua murid Taman Kanak-kanak yang mendampingi putra-putrinya pada kegiatan sabtu ceria, sehingga tidak hanya putra-putrinya yang berkegiatan, melainkan orang tua pun diberikan edukasi tersendiri dalam hal ini oleh TP PKK terkait dengan ketahanan keluarga.

Sekretaris TP PKK Kabupaten Indramayu, Nia Herlina mengatakan, ketahanan keluarga sendiri merupakan suatu kemampuan menghadapi dan mengelola masalah dalam situasi sulit agar fungsi keluarga tetap berjalan harmonis, untuk mencapai kesejahteraan lahir dan kebahagiaan batin bagi anggotanya.

Tak hanya itu, keluarga pun menjadi lingkungan pertama dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Kualitas SDM tidak hanya terkait dengan pertumbuhan fisik saja, melainkan juga dengan perkembangan serta karakter dan kecerdasan yang dimiliki oleh setiap individu terutama anak.

“Pembangunan oleh suatu wilayah akan berjalan optimal jika didukung SDM yang berkualitas. Kualitas tersebut meliputi pembentukan karakter, di mana keluarga memiliki peran lebih banyak dalam membentuk karakter individu terutama anak sebelum dia terjun ke masyarakat,” ungkapnya.

Melalui penguatan 8 fungsi keluarga yang merupakan landasan untuk mewujudkan generasi mendatang yang memiliki kualitas tinggi, diharapkan orang tua yang merupakan kunci sukses dalam membangun ketahanan keluarga ini dapat memberikan pemahaman serta menanamkan nilai karakter pada anak dengan menjalankan 8 fungsi keluarga dalam kehidupan-sehari hari

“8 fungsi keluarga yakni fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, pembinaan lingkungan ini terus kami gaungkan supaya pendidikan karakter yang diberikan oleh orang tua dapat terarah sehingga dapat membentuk pribadi anak yang berkualitas,” tandas Nia.

Lebih lanjut Nia menjelaskan, kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan oleh TP PKK dikemas sedemikian menarik sehingga dapat memudahkan peserta dalam memahami materi yang disampaikan serta penyampaian materi tidak hanya bersifat satu arah melainkan juga mendapat umpan balik dari peserta melalui kegiatan tanya jawab.

“Kami juga menyediakan door prize bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan, selain agar menciptakan suasana yang lebih menarik, pola pembelajaran ini kami buat supaya kami juga bisa melihat ketersampaian materi yang dipaparkan pembicara terhadap para peserta,” pungkasnya. (FKR/MTQ – Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

TERBARU

Bangga! Putri Indramayu Ikuti Melayu Day 2024 di Thailand
Bupati Nina Agustina Apresiasi Antusias Ribuan Masyarakat Padati GPM Di Kecamatan Indramayu dan Balongan
DPMD Indramayu dan BPKP Berikan Sosialisasi Update Sistem Keuangan Desa
Haru, Tiba-Tiba Seorang Ibu Datangi dan Peluk Bupati Nina Agustina Sampaikan Hal Ini
Lomba TTG Digelar, Inovator Muda Unjuk Keahlian
Langkah Jitu Bupati Nina Agustina Stabilkan Harga Pangan, Gerakan Pasar Murah Diserbu Warga
Edukasi Pelestarian Budaya Daerah Melalui Peringatan Dina Basa Mimi Sejagat
Buka Musda Himpaudi, Bupati Nina Harapkan Lahir Pemimpin Visioner dan Berintegritas
Tiga Pelajar Meninggal, Bupati Nina Takziah ke Rumah Duka
HUT GOW se-Ciayumajakuning
HUT GOW se-Ciayumajakuning
Stabilkan Harga dan Tekan Inflasi, Gerakan Pasar Murah Segera Hadir di 31 Kecamatan
Putra Indramayu, Turut Perkuat Peluang Kerja Sama Indonesia - Amerika Latin
Akhir Pekan, Bupati Indramayu Bercengkrama Dengan Kaum Zilenial
Diskominfo Siapkan TTE Bagi ASN dan Kuwu se-Indramayu
Masyarakat Jatibarang Baru Antusias Sukseskan Pemilu
Bupati Nina Agustina dan Forkopimda Keliling Gudang Logistik Pastikan Pemilu Berjalan Lancar
Jalankan Pemerintahan di Desa, Bupati Nina Agustina Tugaskan 136 PNS Sebagai Penjabat Kuwu
Gelar Sarasehan Budaya, Bupati Nina Ajak Seniman, Budayawan dan Masyarakat Andil Dalam Pemajuan Budaya di Indramayu
Debit Cimanuk Naik, Bupati Nina Agustina Ingatkan Semua Pihak Untuk Waspada
Kerahkan 834 Personil, Bupati Nina Agustina Pimpin Pergeseran Pasukan Pengamanan Pemilu
Scroll to Top