Indramayu Siap Berlakukan PSBB

DISKOMINFO INDRAMAYU – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu siap untuk melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai tanggal 6 – 19 Mei 2020.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Taufik Hidayat dalam Rakor persiapan pelaksanaan PSBB menjelaskan, Kabupaten Indramayu termasuk daerah yang mendapatakan keputusan untuk melaksanakan PSBB secara serentak yang dimulai pada tanggal 6-19 Mei 2020 mendatang.

PSBB serempak, selain merupakan program dari Provinsi Jawa Barat juga karena didasari fakta bahwa penyebaran ODP, PDP, dan terkonfirmasi positif di Kabupaten Indramayu setiap hari grafiknya terus meningkat.

Taufik menambahkan, untuk mempersiapkan PSBB tersebut, sekarang tengah disiapkan berbagai regulasi mulai dari Keputusan Bupati, Peraturan Bupati hingga pendukung lainnya. Kemudian berbagai sosialisasi terus dilakukan hingga dengan jaring pengaman sosial untuk mengantisipasi dampak dari PSBB itu.

Dalam PSBB nanti, mengacu pada Permenkes Nomor 9 tahun 2020 tentang pedoman PSBB maka kegiatan yang dibatasi yakni pembatasan pembelajaran sekolah dan instansi pendidikan, pembatasan aktivitas bekerja di tempat kerja, pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan sosial dan budaya, dan pembatasan pergerakan orang dan barang dalam mengunakan moda transportasi.

Taufik menambahkan, untuk toko supermarekt waktu operasional dimulai jam 09.00 -18.00, mini market jam 08.00 – 18.00, dan pasar tradisional jam 00.00 – 16.00.

Sementara itu, terkait dengan panen raya yang tengah berlangsung saat ini di wilayah Kabupaten Indramayu, pihaknya memberikan dikresi terhadap para petani yang tengah melaksanakan panen raya. Selain petani juga nelayan yang akan datang dan pergi melaut masuk sektor yang dikecualikan.

“Petani dan nelayan kita lakukan dikresi karena mereka memproduksi yang bisa dijadikan sebagai sumber ketahanan pangan bagi kita,” kata Taufik.

Selain itu, dalam pelaksanaan PSBB di Kabupaten Indramayu sudah disiapkan sedikitnya 16 Pos Chek Point untuk melakukan penyekatan di wilayah-wilayah yang berbatasan dengan kabupaten lain yang akan dijaga oleh tim gabungan TNI, Polri, Dishub, Pol PP, dan unsur lainnya.

Sebagai antisipasi terhadap Jaring Pengaman Sosial (JPS) pihaknya juga telah menyiapkan berbagai program mulai dari bantuan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten. Serta beberapa bantuan sektoral yang terdampak seperti peternakan, perikanan, dan lainnya.

Sementara itu Ketua MUI Kabupaten Indramayu, KH. Syatori mengatakan, pihaknya mendukung penuh kebijakan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Indramayu yang menerapkan PSBB secara full ini. Dengan adanya kebijakan PSBB ini maka semua kegiatan ibadah dilakukan di rumah sesuai dengan pembatasan yang telah ditentukan. (Aa DENI/Diskominfo Indramayu)

TERBARU

Para Istri Camat Siap Wujudkan Visi Indramayu Bermartabat
Bupati Nina: "Kerja Sama Perempuan Hebat, Jadikan Indramayu Bermartabat"
Bupati Nina Agustina Apresiasi Perempuan Tangguh Indramayu
Ribuan ASN dan Masyarakat Senam Pagi Bersama Bupati Nina Agustina
Maksimalkan Layanan MPP, Pemkab Indramayu Studi Komparasi ke MPP Kota Surabaya
Dukung Pengelolaan Sampah, Pemkab Indramayu Ikuti Sosialisasi RISPS
Pekan Pemberantasan Pungli, UPP Saber Pungli Indramayu Berhasil Amankan Belasan Terduga Pelaku Pungli
BKPSDM Serahkan SK Pensiun dari Bupati Indramayu untuk PNS Purna Tugas
Yuuk Mengenal Sejarah Hari Otonomi Daerah
Pemkab Indramayu Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVIII Tahun 2024
EPPD Kabupaten Indramayu Tempati Peringkat Ke-4 Nasional, Mendagri Serahkan Penghargaan Kepada Bupati Nina Agustina
Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-28, Indramayu Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat
Youtuber Embun Pagi 57 Terkesima Sudut Baca dan Layanan Perpustakaan DPA Indramayu
Kerja Baik Kerja Nyata, Dishub Indramayu Komitmen Ciptakan Lalin Lancar di Sekitar Alun-Alun Puspawangi
Peduli Kesehatan Perempuan, Bupati Nina : Waspadi Kanker Serviks dan Payudara
Halalbihalal Bersama ASN, Bupati Nina Agustina Berikan Motivasi Kerja Baik Kerja Nyata Untuk Indramayu Bermartabat
Saatnya Bisnis di Indramayu bersinar, Diskopdagin adakan Program UMKM Naik Kelas!
Keren! Di bawah Kepemimpinan Bupati Nina Agustina, LPPD Kabupaten Indramayu, Tempati Peringkat 5 Nasional Terbaik di Jawa Barat
Gerakan Sedekah 1.000 Sepatu Lampaui Target, Diana Terharu dan Menangis Terima Sepatu dari Bupati Indramayu
Seleksi Paskibraka Tahun 2024 : Ajang Mencari Generasi Muda Berbakat dan Berprestasi
Scroll to Top