Monitoring Titik Banjir, Camat Anjatan Ajak Warga Bangkitkan Gotong Royong

DISKOMINFO INDRAMAYU – Musim penghujan yang masih berlangsung di Indonesia membuat beberapa daerah mengalami banjir dan longsor. Hal ini membuat warga yang berada di daerah langganan banjir harus siap sedia mengantisipasi curah hujan tinggi yang berpotensi menimbulkan banjir. Tidak terkecuali di Kabupaten Indramayu yang merupakan daerah hilir.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Indramayu yang berada di dataran rendah merupakan muara dari 14 sungai besar. Kondisi ini memungkinkan Indramayu memperoleh kiriman air yang begitu besar ketika di daerah hulu mengalami hujan. Hal inilah menjadi keprihatinan Camat Anjatan Rory Firmansyah.

Menyikapi hal ini, Rory Firmansyah melakukan monitoring titik-titik banjir yang ada di wilayah Kecamatan Anjatan. Tidak lupa Rory mengajak seluruh masyarakat di Kecamatan Anjatan khususnya untuk lebih intens dalam menjaga kebersihan lingkungan. Rory mengatakan pentingnya menumbuhkembangkan perilaku gotong royong yang merupakan salah satu budaya luhur bangsa Indonesia.

“Sebagai antisipasi banjir, saya mengajak masyarakat untuk bergotong-royong membersihkan lingkungan. Apalagi sekarang sudah musim hujan, saluran yang dikhawatirkan tersumbat harus dibersihkan, sehingga tidak menjadi penyebab banjir,” ujar Rory disela-sela kegiatan gotong royong, Selasa (04/01/2022).

Camat Anjatan Rory Firmansyah berharap agar gotong royong lebih rutin dilakukan oleh masyarakat dan Pemdes yang ada di Kecamatan Anjatan. Hal ini selain sebagai salah satu upaya untuk mencegah banjir, juga untuk membuat lingkungan lebih bersih.

“Tujuan utama kegiatan gotong royong tak hanya sekedar mencegah banjir tapi juga untuk kebersihan lingkungan menjadi lebih rapi, serta menghindari munculnya penyakit akibat kawasan yang kotor,” sambungnya.

Gotong royong kali ini dilaksanakan di lingkungan Desa Anjatan Utara. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala desa dan jajaran Pemerintah Desa Anjatan Utara, para RT, dan warga Desa Anjatan Utara. Diharapkan dengan melakukan kegiatan gotong royong secara rutin, kebersihan akan semakin terjaga, lingkungan akan lebih tertata, masyarakat akan menjadi sehat, dan juga terhindar dari banjir.

“Kalau lingkungan bersih, lingkungan juga menjadi sehat. Kemudian kalau bersih yang merasakan adalah warga, jadi kita ingatkanlah untuk rutin gotong royong. Apalagi ini sudah masuk musim hujan, supaya tidak banjir,” pungkasnya. (kiriman dari Kec. Anjatan – diolah kembali oleh Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

TERBARU

Bupati Nina Agustina Gercep Tangani Saluran Irigasi Dangkal, 147 Desa Telah Menggunakan Excavator Gratis
Para Istri Camat Siap Wujudkan Visi Indramayu Bermartabat
Bupati Nina: "Kerja Sama Perempuan Hebat, Jadikan Indramayu Bermartabat"
Bupati Nina Agustina Apresiasi Perempuan Tangguh Indramayu
Ribuan ASN dan Masyarakat Senam Pagi Bersama Bupati Nina Agustina
Maksimalkan Layanan MPP, Pemkab Indramayu Studi Komparasi ke MPP Kota Surabaya
Dukung Pengelolaan Sampah, Pemkab Indramayu Ikuti Sosialisasi RISPS
Pekan Pemberantasan Pungli, UPP Saber Pungli Indramayu Berhasil Amankan Belasan Terduga Pelaku Pungli
BKPSDM Serahkan SK Pensiun dari Bupati Indramayu untuk PNS Purna Tugas
Yuuk Mengenal Sejarah Hari Otonomi Daerah
Pemkab Indramayu Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVIII Tahun 2024
EPPD Kabupaten Indramayu Tempati Peringkat Ke-4 Nasional, Mendagri Serahkan Penghargaan Kepada Bupati Nina Agustina
Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-28, Indramayu Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat
Youtuber Embun Pagi 57 Terkesima Sudut Baca dan Layanan Perpustakaan DPA Indramayu
Kerja Baik Kerja Nyata, Dishub Indramayu Komitmen Ciptakan Lalin Lancar di Sekitar Alun-Alun Puspawangi
Peduli Kesehatan Perempuan, Bupati Nina : Waspadi Kanker Serviks dan Payudara
Halalbihalal Bersama ASN, Bupati Nina Agustina Berikan Motivasi Kerja Baik Kerja Nyata Untuk Indramayu Bermartabat
Saatnya Bisnis di Indramayu bersinar, Diskopdagin adakan Program UMKM Naik Kelas!
Keren! Di bawah Kepemimpinan Bupati Nina Agustina, LPPD Kabupaten Indramayu, Tempati Peringkat 5 Nasional Terbaik di Jawa Barat
Gerakan Sedekah 1.000 Sepatu Lampaui Target, Diana Terharu dan Menangis Terima Sepatu dari Bupati Indramayu
Scroll to Top