Program KB Capai 100%, Indramayu Raih Penghargaan Dari Gubernur Jabar

Program KB Capai 100%, Indramayu Raih Penghargaan Dari Gubernur Jabar

DISKOMINFO INDRAMAYU – Sungguh prestasi yang membanggakan. Pemerintah Kabupaten Indramayu memperoleh penghargaan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atas diraihnya capaian pelayanan Program Keluarga Berencana (KB) serentak sejuta akseptor yang sangat responsif.

Penghargaan tersebut diberikan pada Rapat Koordinasi (Rakor) PKBRS yang dilaksanakan di Kabupaten Karawang pada 2 – 3 Agustus 2022 sekaligus sebagai momentum peringat Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke XXIX Tahun 2022.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disduk-P3A) Kabupaten Indramayu Takmid mengatakan, penghargaan ini menjadi catatan baik pelaksanan program KB di Kabupaten Indramayu yang memenuhi target.

“Alhamdulillah kita Kabupaten Indramayu untuk program KB serentak sejuta akseptor memenuhi target yang ditetapkan,” katanya kepada Diskominfo Kabupaten Indramayu, Rabu (3/8/2022).

Dijelaskan Kepala Disduk-P3A Kabupaten Indramayu Takmid, capaian program KB serentak sejuta akseptor di Kota Mangga melampaui target yang ditetapkan yakni meningkat 14.743 orang atau (109%).

“Target yang ditetapkan adalah 13.520 orang sedangkan realisasinya mencapai 14.743 orang. Data itu terlapor 17 Juni 2022,” tambahnya.

Lanjut Takmid, program KB serentak sejuta akseptor menjadi suatu langkah mengatur masyarakat dalam rangka kehamilan yang diinginkan, menjaga kesehatan dan menurunkan angka kematian ibu, bayi dan anak.

Di samping itu, program KB serentak sejuta akseptor sebagai upaya untuk mencegah stunting (Red: gagal tumbuh anak atau bayi umur lima tahun) yang ditetapkan Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yang sudah membuahkan hasil turun 14,4% dari semula 29,6% dan menargetkan Kabupaten Indramayu zero stunting.

“Hal ini sesuai komitmen komitmen Bupati Indramayu Nina Agustina dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Indramayu,” jelasnya.

Program KB serentak sejuta akseptor dalam mencegah stunting ini dilakukan seperti memberikan pemahaman terkait penggunaan kapsul, suntik, kondom, IUD, Implant, MOW dan MOP.

Dengan diraihnya penghargaan program KB serentak sejuta akseptor untuk Kabupaten Indramayu ini menjadi kebanggaan bersama semua pihak yang terkait dan stakeholder yang ikut dalam suksesnya layanan program KB.

Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar mengucapkan selamat atas raihan yang dicapai Disduk-P3A. Bupati Nina berharap capaian ini menjadi pemicu semangat untuk berbuat lebih baik.

“Selamat atas prestasi yang diraih. Semoga menjadi pemicu semangat berprestasi lebih baik lagi untuk membantu terwujudnya Indramayu Bermartabat,” harapnya. (M/MTQ–Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)