Tindak Lanjut Kasus Wong Cilik Tuntut Keadilan, Tim Gabungan Segera Tangani Kasus Darsem

Tindak Lanjut Kasus Wong Cilik Tuntut Keadilan, Tim Gabungan Segera Tangani Kasus Darsem

DISKOMINFO INDRAMAYU – Kepedulian Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar terhadap kondisi yang menimpa warganya seakan tiada henti. Melalui program Dokter Masuk Rumah (Dokmaru) yang merupakan salah satu program unggulan Bupati Nina Agustina, terbukti sudah banyak masyarakat yang memperoleh bantuan penanganan medis segera.

Setelah heboh kasus seorang anak yang tanpa sengaja menelan anak kunci yang sampai langsung dibawa Bupati Nina Agustina ke RS Mintoharjo Jakarta, kali ini ada seorang ibu penderita kanker yang memperoleh bantuan.

Bermula dari adanya pemberitaan di salah satu surat kabar tentang kondisi Darsem, seorang warga Desa Tugu Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu yang dikabarkan tengah menderita sakit dan tidak mampu berobat.

Berbekal informasi ini, Tim Gabungan yang terdiri dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indramayu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu, Dokmaru Puskesmas Sliyeg, dengan didampingi Camat Sliyeg dan Kuwu Desa Tugu segera menyambangi kediaman Darsem pada Jumat (23/9/ 2022).

Darsem tampak terbaring lemas dengan ditemani sang suami saat Tim Gabungan tiba di kediamannya. Rumah tempat tinggal Darsem masih berupa rumah semi permanen dan dalam kondisi yang memprihatinkan.

Sesaat setelah tiba di kediaman Darsem, Tim Dokmaru Puskesmas Sliyeg segera memeriksa kondisi umum Darsem. Dari hasil pemeriksaan, Tim Dokmaru Puskesmas Sliyeg memberikan rujukan agar dilakukan penanganan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indramayu dengan pengusulan Jaminan Kesehatannya.

Kepala Dinsos Kabupaten Indramayu Sri Wulaningsih saat dihubungi Diskominfo Indramayu menyatakan, Darsem memang merupakan keluarga pra sejahtera/miskin yang telah menerima bantuan PKH/BPNT. Namun terkait permasalahan kesehatannya, Dinsos Kabupaten Indramayu telah melakukan assesment, dan mengusulkan Darsem dalam kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional – Pekerja Bukan Penerima Upah (JKN PBPU) Pemda.

“Kami telah melakukan assesment, dan juga telah mengusulkan Ibu Darsem dalam kepesertaan JKN PBPU Pemda. Semoga permasalahan yang dialami ibu Darsem dapat segera tertangani,” harapnya. (MTQ – Tim Publikasi Diskominfo Indramayu).