263 Warga Indramayu Sudah Merasakan Manfaat Program Kruw-Cil

263 Warga Indramayu Sudah Merasakan Manfaat Program Kruw-Cil

 

DISKOMINFO INDRAMAYU – Program Kredit Usaha Warung Kecil (Kruw-Cil) yang merupakan salah satu program unggulan Pemkab Indramayu di bawah kepemimpinan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Nina Agustina-Lucky Hakim sudah mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya pelaku usaha kecil.

Berdasarkan data yang diterima Diskominfo Indramayu dari Staf Bupati Indramayu Bidang UMKM Ato Susanto mengatakan, sedikitnya 263 orang telah melakukan akad kredit bersama Bank Jabar Banten (BJB) maupun Perumda BPR Karya Remaja untuk mengembangkan usahanya supaya lebih maju.

Ato Susanto menjelaskan, akad kredit bagi 263 orang pelaku UMKM tersebut disalurkan melalui Bank BJB Cabang Indramayu sebanyak 49 orang, BJB Cabang Patrol sebanyak 20 orang, dan Perumda BPR Karya Remaja sebanyak 193 orang.

Sementara itu pada hari Kamis (17/6/2021) yang lalu, di Aula Kantor Kecamatan Lohbener telah dilaksanakan proses akad kredit program Kruw-Cil bagi warga Desa Lohebener sebanyak 12 orang yang telah dinyatakan lolos seleksi perbankan.

“Program akad kredit program Kruw-Cil yang biasanya dilakukan di rumah ketua kelompok dengan pertimbangan prokes Covid-19 akhirnya dilakukan di kantor Kecamatan Lohbener,” kata Ato.

Menurutnya, tim UMKM akan selalu mendampingi proses dari awal sampai dengan akad kredit agar tidak ada penyimpangan dalam program tersebut.

Pada kesempatan itu Camat Lohbener, Casudin mengatakan, pihaknya sangat mendukung program Kruw-Cil dari Bupati Indramayu. Kecamatan Lohbener akan membantu segala kebutuhan kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan nasabah jika berkaitan dengan kewenangan kecamatan.

“Kami berharap masyarakat harus menggunakan bantuan pinjaman tunai tersebut dengan se-maksimal mungkin dan sesuai kebutuhan usahanya guna menaikan pendapatan usahanya,” kata Casudin.

Seperti diketahui Program Kruw-Cil adalah salah satu program unggulan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Nina Agustina-Lucky Hakim. Program ini sebagai realisasi pada saat kampanye yang ingin memberdayakan masyarakat kecil yanf memiliki usaha melalui program Kruw-Cil. (Aa Deni/Dedy-Diskominfo Indramayu)