3 Desa di Indramayu Dianugerahi Desa Wisata Dari Kemenparekraf RI

3 Desa di Indramayu Dianugerahi Desa Wisata Dari Kemenparekraf RI

 

DISKOMINFO INDRAMAYU — Keinginan Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar setiap desa memiliki destinasi wisata untuk menopang perekonomian masyarakat, kini terus diwujudkan oleh masing-masing kepala desa.

Bahkan desa yang berhasil mewujudkan desanya memiliki destinasi wisata telah memperoleh penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI sebagai Desa Wisata.

Diantara desa yang memperoleh penghargaan Desa Wisata dari Kemenparekraf RI adalah Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Desa Ujunggebang, Kecamatan Sukra dan Desa Cikawung, Kecamatan Terisi.

Bupati Indramayu Nina Agustina menyerahkan langsung penghargaan desa wisata untuk Desa Cangkingan, Desa Ujunggebang dan Desa Cikawung pada kegiatan Bazar Kampung Ramadhan belum lama ini di Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu.

Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pemuda Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu Tri Nani R menyampaikan, penghargaan Desa Wisata yang diberikan Kemenparekraf RI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/Baparekraf. 

Event ini kata Nani, bertujuan menjadikan Desa Wisata Indonesia khususnya di Indramayu sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi dan memberikan kontribusi terhadap kemajuan perekonomian masyarakat secara mandiri.

“Penghargaan Desa Wisata untuk Desa Cangkingan dengan desa digitalnya, Desa Ujunggebang dengan Panorama Pantai Plentongnya dan Desa Cikawung dengan nuansa wisata alam Ciwado yang alaminya,” kata Kepala Dispara Kabupaten Indramayu Tri Nani R kepada Diskominfo Indramayu, Kamis (7/4/2022).

Untuk menopang strategi ke depan dalam meningkatkan sektor wisata di Indramayu pihaknya memiliki strategi (3A) yakni Aksesibilitas, Amenitas atau pendukung pariwisata dan Atraksi, serta yang penting terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) utuk mendukung kelancaran aktifitas pariwisata.

Ia berharap, dengan dianugerahkannya penghargaan Desa Wisata bagi Desa Cangkingan, Desa Ujunggebang dan Desa Cikawung dapat pemicu dan mendorong desa lainnya di Indramayu untuk semangat mengembangkan potensi wisatanya.

“Saya berharap desa lain dapat terpacu untuk mewujudkan desanya memiliki destinasi wisata dan terus dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” harapannya. (MT/MTQ–Tim Publikasi Diskominfo)