6 Desa Mandiri di Indramayu Peroleh Bantuan Mobil Maskara

DISKOMINFO INDRAMAYU — Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar memberikan 6 unit Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) yang merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada 6 desa yang dianggap mandiri atau berprestasi.

Bupati Indramayu Nina Agustina secara simbolis melepaskan 6 unit mobil Maskara kepada 6 desa yang berprestasi atau mandiri, di Halaman Pendopo Indramayu, Kamis (20/1/2022).

Enam desa yang memperoleh Mobil Maskara meliputi Desa Pamayahan Kecamatan Lohbener, Desa Krimun Kecamatan Losarang, Desa Tegalurung Kecamatan Balongan, Desa Karangsong Kecamatan Indramayu, Desa Dermayu Kecamatan Sindang dan Desa Karanganyar Kecamatan Kandanghaur.

Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, bantuan mobil Maskara ini diperuntukkan sebagai sarana pendukung operasional pemerintah desa seperti mempromosikan produk unggulan desa, membantu warga yang sakit atau melahirkan, serta kegiatan sosial dan sarana hiburan yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Saya ingin ada kesepakatan. Kendaraan ini tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi oleh kepala desa yang menerima mobil Maskara. Saya ingin digunakan hanya untuk kepentingan masyarakat yang positif,” katanya.

Menurutnya, untuk meminimalisir terjadinya penyalahgunaan mobil Maskara, maka pemerintah daerah dalam serah terima nanti hanya akan memberikan foto copy Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan bukan asli.

“Kita memberikan mobil inventaris dengan foto copy STNK yang akan tertulis bahwa ini mobil dari Pemkab. Mengapa ini dilakukan? Karena belum lama ini telah ditemukan bahwa terdapat mobil inventaris yang digadaikan. Untuk itu kita mengantisipasi jangan sampai terjadi lagi,” tegasnya.

Bupati Nina berharap, dengan disalurkannya mobil Maskara kepada desa yang dianggap berprestasi dan mandiri, pemerintah desa jangan hanya ingin menggunakannya saja tetapi ternyata lalai untuk merawat dan menjaganya.

“Saya minta tolong kepada yang mendapatkan kendaraan ini agar dapat memanfaatkan dengan sebaik mungkin dan menjaganya sebaik mungkin,” harapannya.

Dalam kesempatan itu Bupati Nina Agustina didampingi Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jajang Sudrajat, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sugeng Heryanto, Inspektur Indramayu Ari Risdianto menyaksikan penandatanganan fakta integritas yang dilakukan kepala desa dan para camat terkait bantuan mobil Maskara. (Oyib/MTQ–TIM Publikasi Diskominfo Indramayu)