Bekerja sama dengan DEKKMA , DKI Helat Kegiatan Pembacaan Puisi dan Pameran Lukisan

Bekerja sama dengan DEKKMA , DKI Helat Kegiatan Pembacaan Puisi dan Pameran Lukisan

DISKOMINFO INDRAMAYU – Dewan Kesenian Indramayu (DKI) dengan kepengurusan baru periode 2022/2025 yang diketuai oleh Ray Mengku Sutentra bekerjasama dengan Dewan Kebudayaan dan Kesenian Majalengka (DEKKMA) menghelat acara Pembacaan Puisi dan Pameran Lukisan dengan tema “Mengeja Nama Mu“ yang bertempat di gedung kesenian Mama Sugra pada Jumat malam, 17/6/2022

Puisi yang dibacakan merupakan karya Wa Kijoen, seniman asal Majalengka. Wa Kijoen membawakan puisi yang berjudul “Mengintip Rembulan“. Selain dibacakan sendiri, puisi karya Wa Kijoen juga dibacakan oleh beberapa seniman lain diantaranya seniman musik Dewo dari Jakarta dengan iringan Guitar Akustik, Faris membacakan puisi “Ke tepi Sungai“, Dewi Amanda Maulana membawakan puisi “Esok Punya Kita“ dengan diiringi Grup Akustik Majalengka.

Selain membacakan puisi karya Wa Kijun, dalam acara tersebut juga ditampilkan Musik Tradisional Etnik Bambu Grup Ngarit konser kampung dari Majalengka.

Wa Kijun menyampaikan bahwa inti acara ini adalah silaturahim melalui berkesenian antar seniman Indramayu dan Majelengka. Melalui konsep berkolaborasi sajak puisi di bacakan dan di suarakan dengan seniman lainnya antara lain dengan di iringi alat musik akustik dan etnik tradisional.

Dalam kegiatan ini ditampilkan pula teknik melukis di atas kanvas dengan media lukis rambut. Sedangkan Pameran lukisan sendiri memamerkan karya dari Saitor Hidayat, King Jerry, Karsilah yang merupakan seniman Indramayu dan beberapa karya lukisan dari pelukis Majalengka seperti karya Ayip Komarudin dan Ade Realis yang dipajang apik di lobi gedung Kesenian Mama Soegra.

Ketua DKI dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini adalah acara perdana DKI kepengurusan baru yg bekerjasama dengan pihak lain. Diharapkan melalui acara ini dapat terjalin silaturahim yang erat antar seniman Indramayu dan Majalengka serta seniman lainnya yang saling mendukung dengan menumpahkan energi positif masing-masing sebagai tambahan wawasan untuk mendukung kreatifitas para seniman dan mengembangkan seni budaya yang ada di Indramayu.

Sementara itu Ketua DEKKMA, Oki Sandi menyampaikan apresiasi kepada DKI yang memberikan ruang kepada seniman Majalengka untuk bersilaturahim dan menggelar penampilan seni pembacaan puisi karya Wa Kijoen serta seniman lainnya.

Kang Ray sapaan akrab ketua DKI- juga menyampaikan bahwa DKI merupakan lembaga yang memfasilitasi, menjembatani dan memotivasi para seniman yang ada di Indramayu sehingga acara ini bisa menggeliatkan berkesenian di Indramayu. Selain itu juga menjadi wadah untuk pembelajaran dalam memenej suatu pagelaran.

Kang Ray berharap acara ini sebagai pemantik untuk tumbuh kembangnya seni budaya Indramayu terutama para seniman generasi muda untuk berkarya dan jangan sungkan untuk bersinergi dengan DKI yang merupakan mitra pemerintah untuk mengembangkan seni dan budaya baik dalam bentuk Art maupun Edukasi.

Acara tersebut juga dihadiri oleh mantan ketua-ketua DKI antara lain Mas Sihabudin Lebe, Kang Adung Abdulgani serta Sayidin SR yang akrab di panggil Kang Diding. Mereka mendampingi ketua DKI membuka acara yang ditandai dengan pemukulan Gong.

Menurut Kang Diding yang juga merupakan pemilik Sanggar Griya 26 Indramayu menyampaikan bahwa acara ini merupakan pergerakan energi positif untuk pergerakan suatu kesenian dalam hal ini energi Sastra, Rupa/Lukis, Tari dan Seni Musik berkolaborasi. Diharapkan acara ini bisa dijadikan momentum yang baik untuk terjalinnya kerjasama dengan para seniman menuju Indramayu yang Bermartabat, Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat di bawah kepemimpinan Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina,. SH, MA, CRA.

Kang Diding menitipkan pesan untuk kepengurusan DKI yang baru semoga lebih bersinergi lagi dan bersemangat untuk tetap berdiri kokoh apapun kondisinya dan tetap bergandengan tangan dangan seniman dan lainnya serta tetap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu dan tetap Bermartabat. (Teno/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)