Indramayu Gemilang, Inilah Deretan Penghargaan di Usia Ke-497

SHARE

DISKOMINFO INDRAMAYU – Momentum Hari Jadi Ke-497 Kabupaten Indramayu diperingati dengan penuh kebanggaan dan syukur atas berbagai prestasi yang berhasil diraih oleh pemerintah daerah. 

Dalam Sidang Paripurna Istimewa yang digelar pada Senin (7/10/2024), Pjs. Bupati Indramayu, Dr. H. Dedi Taufik, M.Si menyampaikan apresiasi atas pencapaian Kabupaten Indramayu di bawah kepemimpinan Bupati Hj. Nina Agustina.

"Alhamdulillah, dengan persatuan dan sinergi antara lembaga pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, Kabupaten Indramayu mampu meraih berbagai penghargaan bergengsi pada tahun 2024. Ini merupakan bukti nyata dari kerja keras semuanya," ucapnya. 

Adapun beberapa penghargaan yang berhasil diraih Kabupaten Indramayu, di antaranya adalah Penghargaan Sertifikat Adipura dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas kinerja pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau di wilayah kota pada tahun 2023.

Kabupaten Indramayu juga menerima Penghargaan sebagai Penggerak Pengelolaan Sampah Laut dari Menteri Kelautan dan Perikanan dalam rangka Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut tahun 2024. 

Di bidang kesehatan, Indramayu berhasil memperoleh penghargaan sebagai Pemerintah Daerah dengan kategori Pratama dalam pencapaian Universal Health Coverage (UHC) dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Hal ini mencerminkan keberhasilan Indramayu dalam memberikan jaminan kesehatan yang merata bagi seluruh warganya.

Tak hanya itu, pada peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28, Indramayu berhasil menempati peringkat 4 nasional dan peringkat 1 di Provinsi Jawa Barat atas prestasinya dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Penghargaan ini diberikan berdasarkan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) tahun 2023 yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Kemudian, Desa Mekarjati juga mendapat apresiasi sebagai Desa Siap Siaga dalam pelaksanaan program pencegahan radikalisme dan terorisme dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Prestasi ini menunjukkan komitmen pemerintah dan masyarakat Indramayu dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya.

Selain itu, Kabupaten Indramayu kembali meraih Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan atas laporan keuangan tahun 2023 yang transparan dan akuntabel. Penghargaan ini merupakan bukti bahwa tata kelola keuangan di Indramayu dilakukan secara profesional.

Di bidang perikanan, Indramayu dinobatkan sebagai Produsen Ikan Terbesar di Jawa Barat pada tahun 2023, mempertegas potensi ekonomi daerah dari sektor perikanan yang terus berkembang. 

Tak ketinggalan, Kabupaten Indramayu juga meraih predikat Juara Umum pada Apresiasi dan Festival Literasi Tantangan Literasi Nusantara (TALENTA) Jawa Barat, menandai komitmen terhadap pendidikan dan literasi.

Penghargaan Peduli Penyiaran dari KPID Jawa Barat pada Anugerah Penyiaran KPID Jabar ke-17 juga berhasil diraih Indramayu, menegaskan perhatian daerah terhadap penyiaran yang berkualitas dan mendidik.

Dalam sambutannya, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Indramayu, Drs. H. Muhaemin, menekankan penghargaan ini bukanlah tujuan akhir, melainkan motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Capaian ini harus menjadi semangat kita untuk bekerja lebih keras dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Indramayu," ujarnya. (Diskominfo Indramayu)

Penulis : Roro Wilis
Editor : Aa Deni