Jelang Hari Jadi Ke-497 Kabupaten Indramayu, Bupati Nina Ziarah Ke Makam Leluhur Indramayu

SHARE

DISKOMINFO INDRAMAYU -- Menjelang puncak peringatan Hari Jadi Ke-497 Kabupaten Indramayu pada 7 Oktober mendatang, Bupati Indramayu Nina Agustina beserta jajaran melakukan ziarah ke makam leluhur Kabupaten Indramayu, Senin (23/9/2024).

Lokasi yang dikunjungi Bupati Nina diantaranya adalah Makam Raden Djalari (Purbadi Negara I) yang berlokasi di Kecamatan Indramayu dan Makam Raden Bagus Aria Wiralodra, di Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu. 

Diketahui, makam Raden Djalari yang merupakan Bupati Indramayu Ke-11 yang menjabat dari tahun 1890 – 1900 dan makam Raden Bagus Aria Wiralodra yang merupakan pendiri Kabupaten Indramayu itu tidak pernah sepi dari peziarah.

Dalam kesempatan tersebut, prosesi acara ziarah diawali dengan pembacaan sejarah singkat perjalanan Raden Bagus Aria Wiralodra dan Nyi Endang Darma dalam mendirikan padukuhan Indramayu, kemudian dilanjutkan dengan doa bersama dan tabur bunga. 

Bupati Nina juga turut berziarah ke beberapa makam yang berada di Komplek Makam Raden Bagus Aria Wiralodra, seperti Raden Wirapati (Wiralodra II), Raden Sawerdi (Wiralodra III), Raden Samaun (Wiralodra VI), Raden Krestal (Wiralodra VII).

Selain itu, di Komplek Makam Raden Bagus Aria Wiralodra  juga terdapat makam Ki Tinggil yang merupakan pendamping Raden Arya Wiralodra ketika melakukan perjalanan dari daerah Bagelan Jawa tengah mencari Sungai Cimanuk sampai berdirinya Padukuhan Darma Ayu dan diresmikan pada tahun 1827 menjadi sebuah nagari dan menjadi tahun berdirinya Kabupaten Indramayu.

Tak hanya berziarah ke Makam Raden Bagus Aria Wiralodra Bupati Nina Agustina beserta jajaran juga membagikan bingkisan secara simbolis kepada pengurus makam, keluarga Trah Wiralodra serta menyapa masyarakat sekitar. 

Dikatakan Bupati Nina, prosesi ziarah merupakan bentuk penghormatan kepada para leluhur atas jasa, semangat perjuangan, serta pengetahuan yang telah diwariskan sekaligus mempertahankan tradisi yang selama ini telah berlangsung di tengah-tengah masyarakat. 

"Kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan kepada para leluhur serta upaya dalam memaknai sejarah Kabupaten Indramayu," ungkapnya. 

Dengan semangat para pendiri Kabupaten Indramayu, Bupati Nina mengajak para generasi muda untuk dapat berperan aktif dalam mendorong kemajuan dan pembangunan Kabupaten Indramayu sehingga masyarakat dapat makin sejahtera sesuai dengan tema Hari Jadi Ke-497 Kabupaten Indramayu yakni Indramayu Bersatu, Bersinergi, Dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan.

(Diskominfo Indramayu) 

Penulis: Fikri
Editor: Aa Deni