Lakukan Vaksinasi Covid-19 Di Desa Bugel, Pulang Bisa Bawa Sepeda Motor

SHARE

 

DISKOMINFO INDRAMAYU — Banyak jalan menuju Roma. Pepatah ini nampaknya berlaku bagi Kusnadi, seorang warga Desa Bugel Kecamatan Patrol. 

Ya. Kusnadi yang baru saja menjabat sebagai Kuwu atau Kepala Desa (Kades) Bugel, Kecamatan Patrol, bagi-bagi hadiah untuk warganya. Ia bersama 170 kuwu lainnya dilantik oleh Bupati Indramayu, Nina Agustina, pada Agustus 2021 lalu.

Sewaktu pemilihan, Kusnadi bernazar, jika terpilih sebagai kuwu, ia akan membeli sepeda motor dan akan diberikan kepada warganya secara diundi. 

Namun karena masa pandemi, Kusnadi harus menunda nazarnya itu. Alih-alih diundi lebih awal, Kusnadi ternyata memanfaatkan program vaksinasi untuk mewujudkan nazarnya itu. 

“Jadi nazar membeli dua sepeda motor saya laksanakan bersamaan dengan gebyar vaksinasi. Sambil menyelam minum air. Program vaksinasi berjalan, dan nazar saya tepati. Alhamdulillah, masyarakat juga mendukung nazar ini,” ungkap Kusnadi, Selasa, (26/10/21) kemarin.

Disinggung mengenai sumber dana untuk pembelian dua unit sepeda motor, Kusnadi mengaku itu adalah uang pribadinya. Ia rela merogoh koceknya untuk melaksanakan nazar serta membantu percepatan vaksinasi yang menjadi program pemerintah.

“Kan sudah niat. Makanya uang yang digunakan untuk membeli doorprize dua sepeda motor itu tentu saja uang pribadi saya,” tandasnya. 

Dengan menyediakan doorprize 2 sepeda motor ini, cara unik Kusnadi mengundang animo dan antusiasme masyarakat. Setiap hari, ratusan warga datang ke gerai vaksin desa setempat. 

Sebab mereka tak mau ketinggalan suntik vaksin sekaligus memiliki kesempatan pulangnya membawa sepeda motor. 

Kusnadi mengatakan, cara yang dilakukan ini adalah merupakan upaya mendongkrak capaian target vaksinasi di wilayahnya. Dengan adanya doorprize, animo masyarakat benar-benar meningkat. 

“Sejak diumumkan pada awal pekan Oktober hingga saat ini, setiap hari ratusan masyarakat datang ke lokasi vaksinasi. Ini bagus untuk percepatan,” tukasnya.

Selain 2 unit sepeda motor, Kusnadi juga menyiapkan mesin cuci, kulkas, kipas angin dan lain-lain. Banyaknya hadiah ini memang sengaja untuk warganya.

“Jadi ini adalah komitmen teman-teman kades lain juga. Mereka ikut menyiapkan doorprize bagi warganya yang divaksin. Sehingga jumlah doorprize semakin banyak, masyarakat yang divaksin pun terus bertambah,” ujar Kusnadi.

Di tempat terpisah, Bupati Indramayu, Nina Agustina Da’i Bachtiar mengaku surprise dengan langkah kuwu di Kecamatan Patrol. Menurutnya, inovasi itu akan sangat membantu percepatan vaksinasi di Kabupaten Indramayu. 

“Terima kasih untuk Pak Kuwu Bugel dan kuwu lain di Kecamatan Patrol. Ini benar-benar surprise banget. Masyarakat dapat doorprize mulai dari ayam, sembako, sepeda dan sekarang motor. Ini luar biasa, semoga ditiru oleh kuwu lain di Kabupaten Indramayu,” tukas Nina. (Agus MT/Dedy–Tim Publikasi Diskominfo Indramayu).