Sudah Dihalalin, UMKM Indramayu Harus Banyak Masuk Supermarket

SHARE

 

DISKOMINFO INDRAMAYU - UMKM Indramayu sudah sangat layak untuk masuk ke supermarket atau pasar modern. Pasalnya, mulai dari pengemasan hingga sertifikasi halal sudah didapatkan. 

Hal tersebut ditegaskan Asisten Deputi Pengembangan Kawasan dan Rantai Pasok Kementerian Koperasi dan UKM RI, Rahmadi saat membuka Silatnas Kebangsaan dan Bazar UMKM di Ponpes Tahfidzul Qur'an Darul Falah Desa Singaraja Kecamatan Indramayu, Sabtu (31/8/2024). 

Menurut Rahmadi, Kemenkop UKM terus mendorong UMKM di seluruh Indonesia untuk tumbuh dan berkembang agar menjadi sektor ekonomi yang dapat diandalkan. Selain itu bagi pelaku UMKM harus bertransformasi dari informal menjadi formal. 

Hal ini ditandai dengan pemerintah yang terus memberikan kemudahan dalam legalitas usaha para pelaku UMKM. 

"Legalitas UMKM menjadi sangat penting karena merupakan pintu masuk bagi UMKM untuk terus berkembang khususnya dari Kabupaten Indramayu," kata Rahmadi. 

Rahmadi menambahkan, produk UMKM Indramayu sudah sangat banyak yang layak untuk dikembangkan dan dipasarkan di supermarket. Hal ini karena packing yang sudah semakin bagus dan sudah dilengkapi dengan sertifikasi halal maupun P-IRT. 

"Saya lihat packingnya sudah sangat bagus, sudah lengkap pula sertifikasi halal dan P-IRT. Kalau ini sudah ada di supermarket maka harus makin banyak jumlahnya yang harus bisa masuk," kata Rahmadi. 

Bazar UMKM Indramayu diikuti oleh puluhan pelaku UMKM dan mendapatkan apresiasi dari Kemenkop UKM dan Forkopimda. (Diskominfo Indramayu) 

Penulis : Aa Deni
Editor : Bambang