Bupati Nina Agustina Buka Festival Mangga dan Bazar UMKM 2021

Bupati Nina Agustina Buka Festival Mangga dan Bazar UMKM 2021

 

DISKOMINFO INDRAMAYU — Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar membuka Festival Mangga dan Bazar UMKM yang berlangsung selama dua hari Jumat-Sabtu (17-18) Desember 2021 di obyek wisata air terjun buatan Bojongsari Kecamatan Indramayu, Jum’at (17/12/21). Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan secara langsung oleh Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar didampingi Sekda Indramayu Rinto Waluyo, Kapolres Indramayu AKBP M. Lukman Syarif dan Kasdim 0616 Indramayu Mayor Inf. Ruhiyat. 

Festival Mangga dan Bazar UMKM ini diikuti peserta oleh UMKM di 31 kecamatan, BUMD dan BUMN di Indramayu.

Dalam sambutannya Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, Pemerintah Kabupaten Indramayu menyambut baik partisipasi peserta yang mengikuti festival tersebut. Menurutnya melalui kegiatan ini perekonomian masyarakat akan terdongkrak, khususnya para petani dan penggiat olahan buah mangga di seluruh Kabupaten Indramayu.

“Saya menyambut baik gelaran Festival Mangga dan Bazar UMKM se-Kabupaten Indramayu. Ini yang menjadi upaya menggerakkan roda ekonomi di tengah-tengah kondisi sekarang,” katanya.

Bupati Nina Agustina berharap, melalui Festival Mangga dan Bazar UMKM ini bisa membantu pelaku UMKM dalam memasarkan dan mempromosikan hasil produksinya secara langsung, baik produk olahan pangan terkemas, pangan segar, pangan siap saji ataupun produk hasil olahan pertanian dan perkebunan serta olahan makanan lainnya.

“Diharapkan produk yang dipamerkan dan dipromosikan dapat diterima oleh masyarakat, sehingga pelaku UMKM mendapatkan keuntungan, karena produk yang dipromosikan bisa laku keras,” harapnya.

Di samping itu, kata Bupati Nina Agustina, buah mangga sebagai ikon Kabupaten Indramayu dengan ragam olahan produk UMKM lainnya diharapkan untuk senantiasa dijaga seperti kualitasnya, legalitasnya hingga dapat terus diterima dan diminati oleh masyarakat.

“Oleh karena itu saya berharap agar produk unggulan UMKM Kabupaten Indramayu tetap dijaga kualitasnya, higienisnya, legalitas usahanya yang berupa I-UMK dan NIB serta izin industri rumah tangga dan sertifikat halal semuanya harus punya dan wajib dimiliki oleh UMKM,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Nina Agustina bersama Forkopimda Indramayu berkeliling mengunjungi setiap stand kecamatan dan mencicipi berbagai produk UMKM yang dipromosikan di stand tersebut, sekaligus meminta para pelaku UMKM untuk mendaftarkan produk olahannya di Dinas Kesehatan Indramayu agar memperoleh izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT).

Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival Mangga dan Bazar UMKM Jay Khresna menjelaskan, dilaksanakannya festival tersebut sebagai langkah pemberdayaan kepada masyarakat terutama untuk petani mangga dan para pelaku UMKM yang ada di seluruh Kabupaten Indramayu. 

Ia membuktikan, buah mangga yang banyak tumbuh di rumah-rumah dan perkebunan milik masyarakat Indramayu, jika dikelola dengan baik dapat menjadi berbagai produk makanan unggulan yang bernilai tinggi.

“Saya membuktikan bahwa 1 varian mangga itu bisa kita pecah menjadi 8 jenis makanan seperti dodol, wajik, sirup, selai, puding, manisan, asinan bahkan keripik mangga,” jelasnya.

Jay Khresna yang juga Top Motivator Indonesia berkeinginan agar ke depannya, setiap kecamatan di Indramayu, setidaknya memiliki 1 desa wisata. Ia mencontohkan, panjang pantai Indramayu yang mencapai 140 kilometer sudah barang tentu jika dikelola dan dikembangkan oleh masyarakat dengan baik akan menjadi daya tarik wisata ke depan.

“Kami sudah mendapatkan restu Bupati Indramayu kami akan menghidupkan minimal 1 kecamatan 1 desa wisata karena ini untuk magnet meningkatkan PAD Indramayu. Sehingga bagaimana kita konsepkan, kita kelola secara profesional dan saya yakin Indramayu akan lebih indah dari pada wisata lainnya,” tandasnya. 

Pada kesempatan ini, Bupati Indramayu Nina Agustina bersama Forkopimda Indramayu memberikan program Kruw-Cil, Rutilahu, bantuan sosial dan kursi roda untuk penyandang disabilitas, bantuan BJB dan penyerahan sertifikat tanah gratis. Festival ini juga mengadakan lomba Arjuna dan Srikandi Mangga Indramayu Tahun 2021 yang diikuti 31 peserta mewakili kecamatan masing-masing di Kabupaten Indramayu.(Oyib/Dedy—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)