Camat Terisi Tinjau Lokasi Tanggul Longsor di Desa Cibereng

DISKOMINFO INDRAMAYU – Camat Terisi Endhy Yohendi menindaklanjuti laporan masyarakat terkait tingginya debit air yang menyebabkan tanggul longsor di Sungai Cipanas di Desa Cibereng, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Rabu (25/1/2023).

Camat Terisi Endhy Yohendi segera melakukan peninjauan didampingi oleh kuwu Cibereng Rasmono beserta Jurutulis Desa, Kepala Dusun (Kadus) dan Ketua RT/RW setempat, juga hadir pula Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1613 Terisi, serta perwakilan dari Dinas Instansi terkait.

Camat Terisi Endhy Yohendi menjelaskan bahwa tanggul longsor ini disebabkan akibat gerusan air Sungai Cipanas yang deras. Dirinya segera melalukan monitoring guna mengantisipasi kebocoran air di tanggul.

Endhy Yohendi mengapresiasi kesigapan masyarakat yang segera melaporkan terkait tingginya debit air di Sungai Cipanas yang menyebabkan tanggul longsor. Menurutnya, dilangsungkannya monitoring sebagai upaya untuk memastikan kondisi daerah sekitar tanggul yang longsor.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada Kuwu Cibereng Rasmono yang dapat menangani aduan masyarakat dengan mendatangkan alat berat excavator untuk normalisasi tanggul longsor tersebut.

“Alhamdulillah, hari ini aduan masyarakat dapat terjawab dengan didatangkannya excavator untuk normalisasi tanggul yang tadinya longsor. Ini berkat kuwu yang sigap menindaklanjuti aduan masyarakat dengan biaya mandiri yang didukung oleh Babinsa dan pengamat,” ujarnya.

Lanjut Endhy Yohendi, dari tindak-lanjut ini diharapkan dapat menjadi berkah, khususnya bagi para petani di Desa Cibereng dan sekitarnya.

Sementara itu, Kuwu Cibereng Rasmono menyatakan, dari adanya laporan masyarakat yang merasa khawatir, kini tanggul longsor Sungai Cipanas dapat tertanggulangi dan kembali normal.

“Demi kenyamanan dan keselamatan, laporan masyarakat harus cepat ditangani, karena kalau dibiarkan yang kami khawatirkan terjadi kebocoran air dan akan mengakibatkan banjir. Intinya cegah dini sebelum terjadi,” pungkasnya. (Lkp/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)