DLH Indramayu Optimis Adipura Bisa Kembali Diraih

DLH Indramayu Optimis Adipura Bisa Kembali Diraih

DISKOMINFO INDRAMAYU — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indramayu optimis Piala Adipura bisa kembali diraih Kota Mangga pada Tahun 2022 ini.

Hal ini terungkap saat diselenggarakannya rapat koordinasi (rakor) DLH Kabupaten Indramayu bersama sejumlah perangkat daerah di Aula Bjb Cabang Indramayu, Rabu (21/9/2022).

Sekretaris DLH Kabupaten Indramayu Iyus Rusmadi mengatakan, diperlukan persiapan yang maksimal dan kerjasama yang baik dengan stakeholder terkait untuk meraih kembali Adipura 2022, terutama pengelola dan penanggungjawab tempat-tempat yang menjadi penilaian Adipura di Indramayu.

“Dalam rapat ini kita ingin evaluasi hasil pemotretan dan kunjungan Tim DLH Indramayu ke tempat-tempat penilaian Adipura yaitu langkah-langkah untuk memperbaiki kekurangan yang ada dan mempersiapkan beberapa hal antara lain mempersiapkan angkutan truk sampah, alat berat, perbaikan fasilitas umum, fasilitas kesehatan, perbaikan jalan, perbaikan taman, sungai dan saluran air, perbaikan toilet umum, perbaikan sarana prasarana sekolah dan kantor serta penertiban pedagang kaki lima (PKL),” katanya.

Diterangkan Iyus, Adipura merupakan penghargaan bagi kabupaten atau kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan yang diinisiasi Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun dimulai sejak tahun 1986 sampai sekarang dan salah satu kriteria penilaiannya adalah kebersihan dan kesehatan lingkungan hidup di daerah yang bersangkutan.

“Adapun pelaksanaan penilaian tahun 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 25-28 September 2022. Tempat-tempat yang akan dinilai antara lain tempat pengelolaan sampah yaitu Bank Sampah Amira Singaraja, Bank Sampah CBO Ibu Tin Tinumpuk, Bank Sampah Mulya Asri TPS 3R perumahan Cidayu Margadadi, TPS 3 R Karang Malang, TPS 3 R PDU/BH Sumber Mulya Haurgeulis,” terangnya.

Kemudian penilaian kebersihan menyasar pada beberapa perumahan antara lain Bumi Patra, Sindang Citra, Cidayu, Grand Royal, Adava Regency dan sejumlah taman yaitu Taman Kehati Kayu putih, Taman Tjimanoek, Hutan Kota Bojongsari, Taman Simpang Lima. Selain itu yang menjadi penilaian adalah Kali Ceblok, Terminal Indramayu, beberapa ruas jalan di kota Indramayu antara lain Jl. RA. Kartini, Jl. Jend. S. Parman, Jl. Jend, A. Yani, Jl. Letjen. Suprapto, Jl. Ir. H. Juanda dan lokasi unggulan dalam penilaian Adipura di Indramayu adalah Taman Kehati Kayu Putih Indramayu.

Adapun penilaian tempat pendidikan meliputi beberapa sekolah antara SDN Margadadi 1, 4, 5, 6, 8, SDN Karangmalang, SDN Unggulan, SMPN 1 Indramayu, SMPN 1 Sindang, SMPN 2 Sindang, SMAN 1 Indramayu, SMAN 1 Sindang dan SMKN 1 Indramayu, Kantor Instansi pemerintah antara lain Puskesmas Margadadi, RSUD Indramayu, BKD Indramayu, DPRD Indramayu dan DLH Indramayu.

Dalam kesempatan tersebut Iyus Rusmadi juga menyampaikan kepada para pengelola dan penanggung jawab tempat-tempat penilaian Adipura untuk memberitahukan kepada masyarakat sekitar untuk ikut berpartisipasi dengan menjaga kebersihan dan ketertiban. (Teno/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)