Dorong Profesionalisme dan Akuntabilitas, Menkominfo Lakukan Tour of Duty Pejabat Kemkominfo

DISKOMINFO INDRAMAYU – Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G. Plate melaksanakan tour of duty atau perpindahan tugas dengan melantik enam Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Senin (9/1/2023).

Bertempat di Ops Room Kemkominfo, Jakarta Pusat, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung secara hibrida turut dihadiri secara langsung oleh pejabat yang dilantik beserta saksi dan disaksikan Sekretaris Jenderal Kemkominfo Mira Tayyiba dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Hary Budiarto.

Turut hadir Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Samuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, Staf Ahli Menteri Widodo Muktiyo, serta Staf Khusus Menteri Kominfo, Dedy Permadi dan Rosarita Niken Widiastuti.

“Pagi ini kita menyaksikan tour of duty yang dilakukan Kemkominfo. Melalui rotasi dan promosi serta tour of duty kepada para Pejabat Tinggi Pratama yang pagi ini kita lakukan pelantikan tentu kita harapkan agar dapat melaksanakan tugas dan fungsi secara baik dan fokus,” ungkap Johnny.

Menteri Johnny menyatakan promosi, rotasi serta tour of duty di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan suatu keniscayaan. Dalam birokrasi pemerintahan, kompetensi ASN dapat dibentuk lewat berbagai pengalaman yang diperoleh melalui _tour of duty,_ tidak hanya jenjang kepangkatan, pendidikan formal atau vokasi.

“Untuk memungkinkan setiap ASN melaksanakan tugas dan peran yang dilakukan dan dikomandoi oleh birokrasi dapat berjalan secara efisien dan efektif,” imbuhnya.

Menurut Menteri Johnny pengalaman di berbagai bidang layanan pemerintah memungkinkan birokrasi pemerintahan berjalan dengan yang baik.

“Gerbong birokrasi perlu bergerak, bergeser, berotasi dan perlu meningkat disamping untuk pengalaman juga tentu promosi bagi ASN itu sendiri,” tandasnya.

Selain itu, dalam amanatnya Johnny mengatakan, Kemkominfo dituntut untuk bekerja secara cepat, adaptif, dan responsif terhadap perkembangan teknologi yang kian tidak terprediksi serta diimbangi dengan kecepatan bekerja yang tetap memperhatikan ketepatan, akuntabilitas dan ketaatan terhadap aturan perundang-undangan. Sehingga tata kelola pemerintah yang bersih, kredibel dan akuntabel dapat terwujud.

“Saya berharap agar seluruh jajaran Kemkominfo dapat meningkatkan efektivitas pelayanan publik dengan bekerja secara cepat, adaptif dan responsif terhadap perkembangan teknologi, namun tetap akuntabel,“ ujarnya.

Menkominfo Johnny G. Plate melantik Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Wayan Toni Supriyanto; Direktur Pos Direktorat Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Gunawan Hutagalung; dan Kepala Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Syaharuddin. Kemudian, Inspektur IV Inspektorat Jenderal, Nizam; Inspektur I Inspektorat Jenderal, Ivan Santoso, dan Inspektur III Inspektorat Jenderal, Fajar Budiantoro. (FKR/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)