Efektif Menunjang Kesehatan Masyarakat, Camat Karangampel Monitoring Posbindu

DISKOMINFO INDRAMAYU — Camat Karangampel Ade Sukma Wibowo didampingi Kepala Desa Mundu lakukan monitoring Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu), di halaman Kantor Desa Mundu Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, Rabu (25/1/2023).

Monitor Layanan Posbindu yang diselenggarakan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Karangampel ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung layanan kepada masyarakat yang membutuhkan skrining kesehatan.

Camat Karangampel Ade Sukma Wibowo menyebutkan, Posbindu adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular terintegrasi.

Selain itu keberadaan Posbindu ini juga guna mengetahui dampak gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga.

Ade Sukma Wibowo mengatakan, Posbindu memiliki manfaat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan pendeteksian dini risiko penyakit tidak menular di tengah masyarakat.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan upaya deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular, sehingga derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat,” katanya

Lanjut Ade Sukma Wibowo, Posbindu ini dilaksanakan dengan sasaran usia dari 16 tahun hingga Lanjut Usia (Lansia). Dilakukannya monitoring agar pelaksanaan Posbindu dapat efektif menunjang kesehatan masyarakat.

“Dilakukannya monitoring posbindu ini efektif dapat menunjang kesehatan masyarakat, apalagi cuaca yang selalu berubah-ubah akan menyebabkan kondisi kesehatan yang menurun,” tambahnya.

Camat Ade Sukma Wibowo mengungkapkan, layanan Posbindu sangat positif karena dilaksanakan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pada kesempatan ini masyarakat yang mendapat pelayanan skrining kesehatan berjumlah 60 orang. (Wns/MTQ–Tim Publikasi Indramayu)