Hadiri Apel Siaga Bawaslu Indramayu, Bupati Nina Harapkan Pengawas Pemilu Bekerja Secara Profesional

Spread the love

 

DISKOMINFO INDRAMAYU – Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina didampingi Sekda Kabupaten Indramayu, Aep Surahman mengikuti kegiatan apel siaga dalam rangka persiapan pengawasan masa tenang, pengawasan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu tahun 2024 yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu, Rabu (7/2/2024).

Bertempat di Halaman Parkir Stadion Tridaya, apel siaga juga turut diikuti jajaran Forkopimda Kabupaten Indramayu, KPU Kabupaten Indramayu, pimpinan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) beserta jajaran se-Kabupaten Indramayu, Pengawas Kelurahan/Desa (PKD), Ketua Tim Kampanye pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, 2, dan 3 serta perwakilan partai politik.

Dalam sambutannya, Bupati Nina mengajak Bawaslu beserta jajaran, baik itu Panwascam, PKD dan PTPS agar bertugas secara profesional, salah satunya memotret peristiwa sesuai fakta di lapangan serta menetralisir apabila terdapat peristiwa-peristiwa yang terjadi bersama KPU, PPK, KPPS, Forkopimda maupun Forkopimcam.

Lanjut Nina, hal tersebut sangat penting dilaksanakan guna memastikan seluruh tahapan di semua kegiatan berjalan sesuai dengan peraturan terutama penyelenggara harus berjalan sesuai koridor hukum yang ada.

Memastikan dari tingkat Bawaslu kabupaten hingga tingkat pengawas TPS (PTPS) memiliki pemahaman yang utuh tentang peraturan pengawasan pemilu. Dengan terselenggaranya kegiatan pengawasan dengan baik, berarti telah menjaga keutuhan demokrasi dan kepercayaan masyarakat pada penyelenggara pemilu.

Oleh karena itu, sinergi bersama berbagai stakeholder beserta seluruh lapisan masyarakat merupakan hal penting guna menciptakan suasana damai dan kondusif di Kabupaten Indramayu.

“Saya mengajak kepada seluruh elemen penyelenggara maupun masyarakat untuk senantiasa berkomitmen dan berperan aktif untuk menjaga kondusifitas serta keamanan selama pelaksanaan pemilu, agar pemilu tahun 2024 ini bisa lebih baik lagi dalam segala halnya.

“Mari kita kawal bersama jalannya pemungutan suara dengan koordinasi aktif bersama KPPS, PPS, PPK maupun KPU,” ajaknya.

Selain itu, Nina juga meminta jajaran pengawas pemilu untuk memastikan tidak ada lagi kegiatan kampanye selama masa tenang dan memastikan tidak adanya kecurangan dalam bentuk apa pun saat pemungutan dan penghitungan suara pada hari pelaksanaan pemilu, sehingga suara rakyat betul-betul terjaga dan terkawal dengan pasti.

Kemudian, dirinya juga turut mengingatkan agar semuanya dapat menggunakan hak pilih dan tidak golput, menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara serta jangan sampai ada intervensi dari pihak mana pun.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu, Ahmad Tabroni menyampaikan, momentum apel siaga bukan hanya sebatas seremonial belaka, melainkan menjadi ajang untuk pengingat bersama terkait tugas pokok dan fungsi pengawasan pemilu yang harus dipahami oleh masing-masing personil.

Lanjut Ahmad Tabroni, sesuai dengan arahan Bawaslu RI, lembaga Bawaslu dalam konteks Pemilu Tahun 2024 harus hadir dalam kapasitas bukan hanya berbicara terkait pelaksanaan tugas pengawasan maupun dari sisi fungsi kelembagaan.

Akan tetapi, personil Bawaslu harus siap siaga melaksanakan persiapan bukan hanya pada hari sebelum dan saat pelaksanaan pemilu, namun juga pasca pemilu.

“Saya mengajak temen-temen, kita bersama solid, melaksanakan tugas dan fungsi secara maksimal dan kami berharap pelaksanaan pemilu terutama di Kabupaten Indramayu dapat berjalan dengan aman, lancar, serta kondusif,” pungkasnya.

Pada kegiatan apel siaga tersebut dilaksanakan juga pembacaan dan penandatanganan deklarasi pemilu damai dan berintegritas.

(Diskominfo Indramayu)

Penulis: Fikri
Editor: Aa Deni

TERBARU

Bangga! Putri Indramayu Ikuti Melayu Day 2024 di Thailand
Bupati Nina Agustina Apresiasi Antusias Ribuan Masyarakat Padati GPM Di Kecamatan Indramayu dan Balongan
DPMD Indramayu dan BPKP Berikan Sosialisasi Update Sistem Keuangan Desa
Haru, Tiba-Tiba Seorang Ibu Datangi dan Peluk Bupati Nina Agustina Sampaikan Hal Ini
Lomba TTG Digelar, Inovator Muda Unjuk Keahlian
Langkah Jitu Bupati Nina Agustina Stabilkan Harga Pangan, Gerakan Pasar Murah Diserbu Warga
Edukasi Pelestarian Budaya Daerah Melalui Peringatan Dina Basa Mimi Sejagat
Buka Musda Himpaudi, Bupati Nina Harapkan Lahir Pemimpin Visioner dan Berintegritas
Tiga Pelajar Meninggal, Bupati Nina Takziah ke Rumah Duka
HUT GOW se-Ciayumajakuning
HUT GOW se-Ciayumajakuning
Stabilkan Harga dan Tekan Inflasi, Gerakan Pasar Murah Segera Hadir di 31 Kecamatan
Putra Indramayu, Turut Perkuat Peluang Kerja Sama Indonesia - Amerika Latin
Akhir Pekan, Bupati Indramayu Bercengkrama Dengan Kaum Zilenial
Diskominfo Siapkan TTE Bagi ASN dan Kuwu se-Indramayu
Masyarakat Jatibarang Baru Antusias Sukseskan Pemilu
Bupati Nina Agustina dan Forkopimda Keliling Gudang Logistik Pastikan Pemilu Berjalan Lancar
Jalankan Pemerintahan di Desa, Bupati Nina Agustina Tugaskan 136 PNS Sebagai Penjabat Kuwu
Gelar Sarasehan Budaya, Bupati Nina Ajak Seniman, Budayawan dan Masyarakat Andil Dalam Pemajuan Budaya di Indramayu
Debit Cimanuk Naik, Bupati Nina Agustina Ingatkan Semua Pihak Untuk Waspada
Kerahkan 834 Personil, Bupati Nina Agustina Pimpin Pergeseran Pasukan Pengamanan Pemilu
Scroll to Top