IKA DARMA AYU, Gelar Sembako Dan Pengobatan Gratis

IKA DARMA AYU, Gelar Sembako Dan Pengobatan Gratis

INDRAMAYU – Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) ke-25 telah berlangsung selama lebih dari dua pekan terhitung sejak Senin, 8 Juli 2019. Kegiatan ini bertempat di Desa Bogor, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu [27/7/2019].

Kegiatan tahunan yang digagas mahasiswa yang tergabung dalam organisasi daerah Ikatan Keluarga Mahasiswa Indramayu (Ika Darma Ayu) Bandung ini telah berhasil melaksanakan amanah berupa program yang diajukan masyarakat mulai dari yang berskala kecil hingga besar. Dalam hal ini, program yang benar-benar dibutuhkan masyarakat Desa Bogor adalah pembagian sembako dan pengobatan gratis.

Puluhan warga memadati Balai Desa untuk menerima bantuan sembako gratis yang telah diberikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Indramayu melalui peserta KBM. Adapun warga yang menerima bantuan tersebut merupakan bagian dari masyarakat pra-sejahtera yang sudah terdata di desa dengan didukung hasil survey ke rumah masyarakat secara langsung.

Ketua Umum Ika Darma Ayu Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Danu Maulana, berkesempatan menyerahkan bantuan sembako kepada warga setempat.

“Kami mewakili Ika Darma Ayu Bandung menyampaikan terima kasih kepada Baznas Indramayu yang telah membantu salah satu program kegiatan KBM XXV ini. Semoga setiap prrogram yang belum maupun yang sudah terlaksana dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Bogor,” tutur Danu [29/07/2019].

Selang beberapa hari setelah pembagian sembako gratis, program unggulan lain telah berhasil pula digarap yaitu pengobatan gratis yang bekerja sama dengan Jasa Raharja Kabupaten Indramayu. Antusiasme warga cukup tinggi terbukti dari banyaknya yang mendatangi Balai Desa tempat program tersebut dilaksanakan tak terkecuali lansia yang mengalami kesulitan berjalan.

Adanya program tersebut berhasil membuat salah satu pasien, Mak Darmi, merasa bahagia karena bisa berobat secara gratis dan mendapatkan fasilitas yang jarang diterima. Fasilitas tersebut berupa antar-jemput ke rumah hingga pelayanan yang cukup baik.

“Kegiatan pengobatan gratis ini sangat bermanfaat dan membantu terutama bagi yang kurang mampu. Saya juga berterima kasih sudah dilayani dengan baik dan semoga saya segera diberi kesehatan”, ucap Mak Darmi.

Kuwu Desa Bogor, Eny Suprapti, S.E., menyampaikan apresiasi kepada peserta KBM yang telah membantu pemerintah desa dalam menyejahterakan warganya melalui program-program unggulan tersebut.

“Alhamdulillah, kami sangat mengapresiasi karena telah membantu masyarakat Desa Bogor,” ujar Eny. [CK]