Jelang HPN Tahun 2022

Jelang HPN Tahun 2022

Bupati Nina Agustina Launching Kegiatan Donor Darah

DISKOMINFO INDRAMAYU — Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar melaunching kegiatan donor darah gratis yang diinisiasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Indramayu, bertempat di Gedung Pers Indramayu (GPI) Jl. MT Haryono Kecamatan Sindang Indramayu, Rabu (12/1/2022).

Kegiatan donor darah ini menjadi satu diantara beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) PWI ke-76 tingkat Kabupaten Indramayu. Dalam acara ini turut hadir Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kelas II B Indramayu, Kepala BAPPEDA Litbang Indramayu, Kepala Diskominfo Indramayu, Plt. Kepala Dinas Dikbud Indramayu dan Dirut Perumdam Tirta Darma Ayu serta sejumlah organisasi kewartawanan Indramayu.

Dalam sambutannya Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik sejumlah rangkaian kegiatan HPN Tahun 2022, sehingga momentum ini bisa dimaknai oleh para jurnalis di Indramayu untuk semakin bersemangat menyajikan berita-berita positif dan membangun kepada masyarakat sebagai pembacanya.

Nina secara pribadi meminta maaf apabila dirinya tidak dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan peringatan HPN di sejumlah wilayah di Kabupaten Indramayu.Namun terkait kegiatan puncak peringatan HPN yang setiap tahunnya jatuh pada 9 Februari, dirinya akan bertolak menuju kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara untuk menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan dari PWI Pusat.

“Insyaallah pada hari tersebut, saya akan mengikuti peringatan puncak HPN di Kendari Sulawesi Tenggara sekaligus menerima Trophy Anugerah Kebudayaan dari PWI Pusat di sana. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang selalu mendukung dan membantu saya selama tahapan presentasi hingga akhirnya berhak menerima penghargaan,” katanya.

Bupati Nina Agustina menyampaikan, pers mempunyai peranan penting dalam jalannya demokrasi di suatu negara baik bagi masyarakat maupun pemerintah. Peran pers yang bebas dan independen dalam menyampaikan informasi kepada publik telah mendorong terciptanya good governance. 

Disamping itu, pers memilki peran ideal dengan fungsi sebagai media komunikasi, pengawas dan kontrol sosial untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam terwujudnya Visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat).

“Semua capaian pembangunan daerah dalam rangka mewujudkan Visi Indramayu Bermartabat, merupakan bagian dari keberhasilan peran pers dalam membangun komunikasi yang positif antara pemerintah dengan masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu Ketua PWI Indramayu Dedy Musashi mengatakan, rangkaian kegiatan HPN Tahun 2022 selain donor darah gratis juga terdapat bhakti sosial dan lomba menulis yang diikuti oleh seluruh jurnalis di Kabupaten Indramayu.

Dedy mengungkapkan, momentum HPN Tahun ini bagi insan pers Indramayu terasa spesial karena pemerintah daerah telah memiminjamkan gedung untuk mempersatukan puluhan organisasi kewartawanan yang berada di Kabupaten Indramayu dalam upaya berkontribusi memberikan infomasi-infomasi pembangunan daerah dengan Visi Indramayu Bermartabat.

“Terimakasih kepada pemerintah daerah yang sudah meminjampakaikan gedung untuk puluhan organisasi kewartawanan di Indramayu. Tentunya gedung ini akan bermanfaat insan pers, sehingga nanti mereka kompak. Dampaknya diharapkan untuk Kabupaten Indramayu adalah investor bisa masuk dan program Ibu Bupati Indramayu yakni Bermartabat Insya Allah akan tercapai,” pungkasnya. (Oyib/Rizal—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)