Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Barat Apresiasi Program Dukcapil Mlayu

SHARE

 

Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Barat Dan Satriana mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Indramayu yang terus berkomitmen membuka layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) melalui berbagai program terhadap masyarakat. Tujuannya agar semua masyarakat Indramayu memiliki dokumen kependudukan yang manfaatnya sangat banyak.

Hal itu terlihat saat Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Barat Dan Satriana didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu H. Moh. Iskak Iskandar meninjau langsung layanan Dukcapil Mlayu di Desa Ranjeng Kecamatan Losarang Indramayu, Kamis (21/10/2021), kemarin.

Dalam Pelayanan Dukcapil Mlayu, Disdukcapil Indramayu melayani perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), pembuatan Akta Kelahiran dan pembuatan Akta Kematian. Selain itu, dalam pelayanan Adminduk, juga dilengkapi dengan kartu vaksinasi agar percepatan vaksinasi di Kabupaten Indramayu meningkat.

Kepala Ombusdman Perwakilan Jawa Barat, Dan Satriana mengatakan, layanan Dukcapil Mlayu telah memberikan kemudahan secara langsung untuk masyarakat Indramayu dalam memperoleh layanan Adminduk dengan cepat.

“Kami memantau secara langsung bagaimana pelayanan publik seperti kependudukan, pertanahan, pendidikan dan kesehatan dilakukan. Kami mengucapkan apresiasi terhadap pelayanan publik di Indramayu, karena sudah berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu H. Moh Iskak Iskandar menjelaskan, Disdukcapil Indramayu pada Tahun 2021 telah melakukan berbagai program dan inovasi dalam memberikan pelayanan publik Adminduk kepada masyarakat Indramayu.

“Kita memberikan berbagai layanan kepada masyarakat. Bisa melalui layanan aplikasi Online Si Pandan Ayu, Whatsapp, layanan offline, Program Dukcapil Mlayu, Dukcapil Patas dan Dukcapil Ngabuburit dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar masyarakat lebih mudah dan dekat dalam mengurus dokumen kependudukannya,” jelasnya.

Ia menambahkan, melalui berbagai program inovasi adminduk tersebut telah menyasar memberikan layanan terhadap masyarakat dengan keliling di setiap kantor kecamatan hingga desa, sehingga diharapkan masyarakat bisa secepatnya melengkapi keperluan adminduk tanpa dipungut biaya.

“Ayo lengkapi dokumen kependudukanmu, datang dan urus sendiri dokumen kependudukan anda dan keluarga, tidak dipungut biaya sepeser pun,” ujarnya. (Oyib/Dedy–Tim Publikasi Diskominfo Indramayu).