Ketua Pokja GLN Gareulis Kabupaten Indramayu, Raih Penghargaan Koordinator Inspiratif

Ketua Pokja GLN Gareulis Kabupaten Indramayu, Raih Penghargaan Koordinator Inspiratif

DISKOMINFO INDRAMAYU – Peserta Tantangan Literasi GLN Gareulis Jawa Barat 2022 asal Kabupaten Indramayu panen penghargaan pada kegiatan Festival dan Penganugerahan Literasi Jawa Barat. Salah satunya diterima oleh Lilis Yuningsih, Kepala SMPN Satu Atap 1 Lelea Kabupaten Indramayu.

Lilis Yuningsih yang juga menjabat Ketua Pokja GLN Gareulis Kabupaten Indramayu memperoleh penghargaan sebagai Koordinator Inspiratif.

Bertempat di GOR Youth Center Arcamanik Kota Bandung pada Sabtu (06/08/2022), Lilis Yuningsih menerima penghargaan sebagai Koordinator Inspiratif yang diberikan langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat Hening Widiatmoko.

Sepak terjang Lilis Yuningsih dalam dunia literasi memang patut memproleh apresiasi. Sebelum menjabat Kepala SMPN Satu Atap 1 Lelea, Lilis Yuningsih sebelumnya pernah mendapat tugas menjadi kepala sekolah DPK di SMP IT Mutiara Irsyady Pekandangan Jaya Indramayu. Di sekolah yang dipimpinnya ini Lilis sempat menyelenggarakan workshop Pelatihan Menulis Bagi Guru.

Lilis pada saat itu sempat mendaftarkan sekolahnya menjadi peserta West Java Leaders Reading Challenge (WJLRC) secara mandiri dan berhasil terpilih mengikuti Jambore Literasi bersama tujuh sekolah peserta WJLRC lainnya dari Kabupaten Indramayu dari 60 sekolah yang terdaftar sebagai peserta dari Kabupaten Indramayu. WJLRC adalah Program tantangan literasi yang digagas pemerintah provinsi Jabar yang dibiayai APBD Jabar.

Sebagai koordinator penggerak GLN Gareulis Kabupaten Indramayu, bersama timnya, Lilis juga pernah menyelenggarakan Penganugerahan Apresiasi Juara Tantangan Literasi Tingkat kabupaten Indramayu. Sebanyak 32 trophy, piagam penghargaan dan sejumlah dana pembinaan berhasil dibagikan kepada 12 juara peserta tantangan saat itu.

Alhamdulillah dengan mengajak banyak pihak untuk berpartisipasi, acara itu bisa diselenggarakan. Prinsipnya literasi bukan hanya tanggung jawab pemerintah, sekolah dan sekelompok pegiat literasi, namun juga seluruh elemen masyarakat termasuk para pelaku usaha,” paparnya.

Tidak lupa Lilis juga menyampaikan terima kasih atas support yang diberikan Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPA), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bapeda-Litbang, Dinas Perhubungan, dan Diskominfo Kabupaten Indramayu.

“Alhamdulillah, berkat dukungan semua pihak, kami bisa memberangkatkan tim peserta nominator juara GLN Gareulis tingkat Jabar dengan 3 armada bus bantuan dari Dinas Perhubungan, kendaraan dinas bapak kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip serta beberapa kendaraan pribadi. Peserta nominator beserta tim pendukung seluruhnya berjumlah 109 orang,” terangnya.

Atas penghargaan yang diterimanya, Lilis mengaku sangat bersyukur karena lelahnya perjuangan yang dilakukan selama ini terbayar tuntas. Lilis juga berterima kasih kepada tim penilai yang telah mempercayakan anugerah tersebut kepada dirinya.

“Ucapan terima kasih saya haturkan kepada berbagai pihak terutama Bupati Indramayu dan tim GLN Kabupaten Indramayu serta tim penilai yang telah memberikan anugerah tersebut kepada saya. Alhamdulillah saya merasa senang dan bangga, karena perjuangan yang dilakukan selama ini tidaklah sia-sia,” ujarnya.

Tidak lupa Lilis juga menyampaikan terima kasih kepada Rektor Universitas Wiralodra Indramayu dan Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah IX Provinsi Jawa Barat Hj. Dewi Nurhulaela, M.Pd. yang juga turut mendukung kegiatan ini dengan memberikan ijin kepada GLN Kabupaten Indramayu untuk mengikutsertakan peserta setingkat SMA/SMK yang memang berada dibawah kewenangan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

“Terima kasih juga saya sampaikan kepada Ibu Hj. Dewi Nurhulaela, M.Pd. atas dukungannya yang telah memberikan rekomendasi kepada SMA/SMK,SLB di Indramayu untuk mengikuti Tantangan Literasi GLN Gareulis Jawa Barat. Namun Ibu KCD tidak dapat hadir dan mewakilkan kepada Kasubag Tata Usaha

Zhairy Andhriyanto, S.Pd. M.M.Pd.,” pungkasnya.

Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Kepala DPA Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang diraih serta berharap dengan adanya GLN Kabupaten Indramayu dapat meningkatkan Literasi terutama di kalangan generasi muda.

“Saya ucapkan selamat atas prestasi yang diperoleh, kemudian saya juga berharap GLN Kabupaten Indramayu ini menjadi motor penggerak untuk meningkatkan Literasi terutama di kalangan generasi muda,” harapnya. (Fikri/MTQ – Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)