Luncurkan Rujak, Teras Wifi Hingga Pasang Penerangan Jalan Desa

Bupati Nina Agustina: “Hebat Desa Haurgeulis”

DISKOMINFO INDRAMAYU – Hari Lahir Pancasila yang ditetapkan setiap tanggal 1 Juni diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia. Tahun ini Pemerintah melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kota Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan mengangkat tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”.

Tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia” ini sejalan dengan slogan Presidensi G-20 Indonesia “Recover Together, Recover Stronger” memang memiliki arti penting bagi seluruh bangsa Indonesia. Akan tetapi selain itu, momentum Hari Lahir Pancasila tahun ini memiliki arti khusus bagi masyarakat dan Pemerintah Desa (Pemdes) Haurgeulis, Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu.

Momentum peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 semakin menguatkan tekad Pemdes Haurgeulis untuk berupaya merealisasikan 10 program unggulan yang telah dicanangkan Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar. Melalui momentum ini Pemdes Haurgeulis berkomitmen mensukseskan visi Indramayu Bermartabat, mewujudkan Indramayu yang Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat.

“Hari Lahir Pancasila menjadi tonggak sejarah persatuan Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Sebab itu hal ini menjadi inspirasi bagi kami untuk bekerja dan melayani dengan sepenuh hati untuk seluruh komponen masyarakat Desa Haurgeulis yang heterogenik,” ujar Kuwu Desa Haurgeulis, Isma Shewarha Dhewanthara.

Kuwu Isma menegaskan, Pemdes Haurgeulis mendukung penuh program kerja Bupati Indramayu agar tercipta keselarasan dalam pembangunan daerah dan desa agar manfaatnya dapat diterima masyarakat secara luas dan baik.

Lanjut Kuwu Isma, Pemdes Haurgeulis senantiasa mendukung kepemimpinan Bupati Nina Agustina dikarenakan seluruh program unggulan yang menjadi prioritas dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Oleh karena itu Pemdes Haurgeulis ikut melaksanakan program kerja yang kemudian di masukan dalam RKPDes dan APBDes Tahun Anggaran 2022.

“Ini sebagai bentuk dan bukti nyata dukungan kami kepada Ibu Bupati dan program unggulan yang telah beliau canangkan,” sambungnya.

Kuwu Isma Shewarha Dhewanthara berkomitmen mensukseskan visi Indramayu Bermartabat melalui inovasi dan terobosan berbagai program yang diluncurkan oleh Pemdes Haurgeulis. Diantaranya adalah rencana pelaksanaan pembangunan penerangan jalan desa di 30 titik sebagai bentuk implementasi terhadap program Desa Kabeh terang (De-Kat).

Selain itu, Pemdes Haurgeulis juga menghidupkan kembali program UP2K sebagai bentuk implementasi dari program Kredit Usaha Warung Kecil (Kruwcil). Ada pula program Lebu Digital (Ledig) yang berusaha Pemdes Haurgeulis wujudkan melalui pemasangan wifi dan pembuatan website desa.

“Kami sekarang punya teras Wifi dan website desa sebagai dukungan kami terhadap program Ledig atau Lebu Digital,” ujarnya.

Pemerintah Desa Haurgeulis juga aktif dalam bidang religi dengan rutin mengadakan istigosah dan turut serta dalam agenda subuh keliling atau Bersuling. Kemudian sebagai wujud keikutsertaan dalam menyukseskan program I-Ceta, Pemdes Haurgeulis mendukung dengan kesiapsiagaan pamong desa dan mobil siaga.

Yang menjadi fenomenal adalah Pemdes Haurgeulis di bawah kepemimpinan Kuwu Isma telah meluncurkan inovasi baru bernama Rujak yaitu Ruwag Pajak. Kegiatan ini ditujukan guna mendukung peningkatan penerimaan Pajak Bumi Bangunan (PBB) di Kabupaten Indramayu.

“Kami optimis lewat inovasi Rujak ini dapat melampaui target penerimaan PBB dari Badan Keuangan Daerah pada Tahun 2022 ini,” tegasnya.

Kuwu Isma menambahkan, momentum peringatan Hari Lahir Pancasila ini, pihaknya mengajak seluruh stakeholder di Kabupaten Indramayu bersatu untuk terus mendukung Bupati Hj. Nina Agustina SH MH CRA mewujudkan visi Indramayu Bermartabat.

“Saya mengajak seluruh stakeholder di Kabupaten Indramayu untuk saling bersinergi dan mendukung Ibu Bupati mewujudkan Indramayu Bermartabat,” pungkasnya.

Camat Haurgeulis Dulyono mengungkapkan, dirinya mengacungkan jempol kepada Pemdes Haurgeulis yang telah melakukan berbagai inovasi untuk mendukung capaian 10 Program Unggulan Bupati Nina Agustina. Dirinya juga berharap segala inovasi ini dapat menjawab tuntutan masyarakat Desa Haurgeulis.

“Intinya inovasi yg dilakukan Pemdes Haurgeulis bersinergi dengan 10 Program Unggulan Bupati Indramayu. Diharapkan inovasi ini mampu menjawab tuntutan kebutuhan dan keinginan masyarakat Desa Haurgeulis”, ujarnya kepada Diskominfo Indramayu melalui telepon selulernya pada Jum’at 3/6/2022.

Menanggapi pemberitaan inovasi yang dilakukan Pemdes Haurgeulis pada media massa, Bupati Indramayu turut berkomentar melalui unggahan di media sosial instagramnya @ ninagustina1708. Dalam postingannya, Bupati Nina Agustina Da’i Bachtiar memuji apa yang sudah dilakukan oleh Pemdes Haurgeulis.

“Sinergitas semuanya sangat penting untuk kelancaran program dari pemerintah supaya dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Indramayu. Insya Allah kita semua bergerak terus untuk menjalankan program-program unggulan untuk Indramayu Bermartabat. Keren Desa Haurgeulis”, postingnya. (MTQ – Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)