Manfaatkan Dana Shodaqah, DKM Nurul Huda Jatibarang Gelar Bagi Takjil Hingga Prasmanan Buka Puasa

 

DISKOMINFO INDRAMAYU. Masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah salat saja, melainkan masjid juga tempat melaksanakan kegiatan ibadah umat muslim lainnya. Seperti di bulan ramadan tahun 1445 H/2024, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Huda Desa Jatibarang memakmurkan masjidnya dengan melaksanakan berbagai kegiatan seperti berbagi takjil, buka puasa dan sahur bersama, sholat tarawih berjamaah dan tadarus Al-Qur’an.

Rangkaian kegiatan memakmurkan masjid di bulan ramadan yang merupakan rutinitas DKM Nurul Huda setiap tahunnya bersama para jamaah masjid dan masyarakat lainnya.

Kordinator pelaksana kegiatan ramadan 1445 H DKM Nurul Huda, Noerdin mengatakan, kegiatan salat tarawih, tadarus Al-Qur’an dan berbagi takjil, buka puasa dan sahur bersama dilaksanakan setiap hari. Untuk berbagi takjil dan buka puasa bersama dipusatkan di depan masjid dengan berbagai macam menu takjil diantaranya kolak, gorengan, kue basah, air mineral, teh manis dan lainnya.

Adapun dana operasional kegiatan takjil DKM masjid berasal dari kotak shodaqoh khusus juga bekerjasama dengan jamaah masjid dan masyarakat Jatibarang dalam penyediaan takjil tersebut dengan sistem shodaqoh gilir takjil ada yang berupa dana serta makanan dan minuman sedangkan makanan berbuka puasa berupa makan prasmanan di sediakan oleh rumah makan Udin ruko Jatibarang yang merupakan donatur tetap selama ramadan.

“Di bulan penuh barakah ini kami DKM Nurul Huda Jatibarang mengucapkan terimakasih kepada seluruh jamaah, masyarakat serta donatur atas segala dukungannya baik moril dan materil, semoga mendapatkan balasan limpahan pahala, rahmat dan barokah dari Allah Subhanuhuwata’ala,” ungkapnya.

Sementara itu ketua DKM Nurul Huda, Masruhin menyampaikan rasa syukur karena kegiatan ramadan tahun ini luar biasa salah satunya dengan adanya donatur tetap buka puasa ful selama ramadan dalam bentuk makan gratis prasmanan.

Kegiatan ramadan tahun ini juga menitik beratkan dalam syiar beribadah yang terintegrasi dengan bimbingan ibadah seperti tadarusan dengan sistem alaqoh serta toleransi beragama seperti euforia ramadan yang tidak berlebihan seperti dalam membangunkan sahur dan tadarusan menggunakan speaker dalam masjid karena masjid Nurul Huda berada di tengah-tengah masyarakat heterogen bercampur dengan agama lainnya.

H.Masyuhin menambahkan syiar ramadan berikutnya adalah syiar ta’lim yaitu selama ramadan di adakan pengajian kuliah subuh dan pengajian kuliah ashar dengan pemateri berbeda setiap per 10 (sepuluh) harinya.

Ucapan terimakasih kepada seluruh jemaah, masyarakat dan donatur masjid Nurul Huda yang sudah membantu dan mendukung baik moril maupun materil terhadap kegiatan ramadan tahun ini dan semoga di limpahkan pahala, ampunan, rahmat serta barakah dari Allah Subhanahu wa ta’ala

Masyuhin menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga merupakan upaya dalam mendukung dan mewujudkan Indramayu Religius yang termasuk dalam visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat).

Selain kegiatan harian rangkaian kegiatan ramadan di Masjid Nurul Huda Jatibarang juga akan dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain Santunan anak yatim, fakir miskin, imam dan marbot mushola dan masjid, Itikaf masjid, penerimaan dan penyaluran zakat fitrah, infak, shodaqoh kemudian rangkaian kegiatan Ramadan 1445 H/2024 DKM Nurul Huda akan ditutup dengan kegiatan takbiran dan pelaksanaan sholat Idul fitri 1 Syawal 1445 H.

 

Penulis : Teno

Editor : Aa Deni

TERBARU

Peringatan Hari Kartini
Peringatan Hari Kartini
56 Tahun Mengudara, Kenang Masa Kejayaan Radio K2 911 FM
Musrenbang RPJPD 2025-2045 Dan RKPD 2025, Bupati Indramayu Tekankan Pentingnya Sinergitas Antar Stakeholder
Bek Timnas Putri U-17 Indonesia Nanda Rahmawati Ternyata Orang Indramayu, Akan Tampil di Piala Asia Putri U-17
Libur Lebaran 2024, Kunjungan Wisatawan di Indramayu Tembus 103.062 orang. Ini Objek Wisata Paling Banyak Dikunjungi
Sidak Hari ke-2, Pelayanan Publik Berjalan Normal
Hari Pertama Kerja Pasca Libur Idulfitri, Kehadiran ASN Indramayu Mencapai 98,15 %
Dukung Kelancaran Mudik, Bupati Indramayu Nina Agustina Siapkan Layanan Air Bersih Dan Toilet Bagi Pemudik
Ribuan Umat Muslim Padati Salat Idulfitri di Alun-alun Puspawangi Indramayu
H-1 Lebaran Menhub dan Bupati Nina Agustina Pantau Langsung Pantura Indramayu
Senyum Sumringah Para Petugas Kebersihan, Terima THR dari Bupati Indramayu
Raih Keberkahan Ramadan, DKM Masjid Jami Nurul Huda Santuni Anak Yatim
Petugas Gabungan Terus Razia Penyapu Koin di Jembatan Sewo
RSUD Pantura M.A.Sentot Patrol Siapkan Layanan Terbaik
GPM Serempak, 100 Ton Beras Didistribusikan ke Seluruh Kecamatan di Indramayu
Sudut Baca Bermartabat, Berikan Rasa Nyaman Bagi Pemudik Saat Singgah Di Kabupaten Indramayu
Forum Indramayu Studi Hadirkan Kedai Kopi Spesial Nusantara Berdayakan Disabilitas
Rajut Sinergitas dan Keberkahan, PCNU Indramayu Adakan Buka Puasa bersama.
Disdikbud Lakukan Pembinaan Untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Indramayu
Bulan Penuh Berkah, Bupati Nina Salurkan Ribuan Pasang Sepatu Untuk Anak Sekolah
Scroll to Top