Mochips Produk Ekraf Lokal Indramayu, Tembus Pasar Modern dan Diminati Luar Negeri

DISKOMINFO INDRAMAYU— Pemerintah terus mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif (Ekraf) sebagai salah satu pilar utama dalam memperkuat perekonomian nasional. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk merangsang sektor-sektor kreatif dan industri kreatif agar makin berkembang. Dalam konteks ini, pemerintah juga memberikan perhatian khusus kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di berbagai daerah.

Salah satu contohnya adalah Maesaroh dari Desa Lombang, Kecamatan Juntinyuat, pemilik UMKM Mochips. Usahanya menawarkan berbagai varian cemilan mulai dari rengginang, brownies chips, hingga cemilan pedas, yang menjadi salah satu dari banyak UMKM yang didukung oleh pemerintah.

Sebelumnya, pada November 2023 lalu, Produk UMKM Mochips telah di dapuk menjadi UMKM Unggulan Kabupaten Indramayu Pada Program UMKM Juara Diskuk Provinsi Jawa Barat.

Langkah tersebut dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan daya saing ekonomi Kabupaten Indramayu serta memberikan peluang bagi para pelaku Ekraf untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mochips menawarkan berbagai varian cemilan, mulai dari rengginang matang sebagai produk unggulannya, rengginang mentah, brownies chips hingga cemilan pedas, memenuhi selera beragam konsumen dengan harga mulai dari 10rb hingga 20rb. Produk-produk berkualitas ini dapat dikirim ke luar kota dan dibeli secara daring melalui toko Shopee resmi, mochips_official.

Tidak hanya unggul dalam hal kualitas produk, Mochips juga memiliki keunggulan dalam hal kepatuhan perizinan. Mereka telah memperoleh izin usaha NIB, P-IRT, dan juga sertifikasi Halal, memastikan bahwa setiap produk yang dihasilkan telah melewati proses produksi yang sesuai dengan standar keamanan dan kehalalan.

Maesaroh, pemilik Mochips, merasakan manfaat langsung dari kesuksesan bisnisnya dengan meningkatnya pendapatan dan eksposur merek. Hal ini memungkinkannya untuk memperluas jangkauan produk dan memberdayakan lebih banyak tenaga kerja lokal.

Keberadaan Mochips tidak hanya memberikan keuntungan individu, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi Kabupaten Indramayu. Dengan menjadi salah satu UMKM unggulan, Mochips membantu meningkatkan ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, dan memperkenalkan kekayaan kuliner daerah ke pasar yang lebih luas.

“Kami berkomitmen untuk menyediakan mochips berkualitas dengan berbagai varian cemilan, mulai dari rengginang hingga brownies chips, dengan harga yang terjangkau sekitar 10-20 ribu rupiah. Produk kami dapat dipesan melalui Shopee dan tersedia untuk pengiriman ke berbagai daerah,” ungkap Maesaroh, pemilik Mochips (28/03/2024).

Menyikapi hal tersebut, Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparra) Kabupaten Indramayu Aan Hendrajana melalui Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Aminah menanggapi kehadiran Mocips dapat mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

“Keberadaan Mochips dengan harga yang terjangkau dan beragam varian cemilan dapat menjadi alternatif yang menarik bagi masyarakat. Inovasi dalam produk lokal seperti ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di Kabupaten Indramayu,” ujarnya.

Dengan berbagai varian cemilan yang menggugah selera, UMKM Mochips telah berhasil menonjolkan kualitas produknya dengan inovasi yang terus-menerus. Selain itu, dukungan pemerintah terhadap UMKM lokal makin memperkuat pandangan akan pentingnya mendukung para pelaku usaha kecil dan menengah dalam mengembangkan potensi mereka.

Melalui produk berkualitas dan komitmen untuk mendukung UMKM lokal, Mochips membuktikan bahwa mereka bukan hanya sebuah merek, tetapi juga representasi dari semangat kewirausahaan dan keberagaman kuliner Indonesia. (Diskominfo Indramayu)

Penulis : Lulu
Editor : Aa Deni

TERBARU

Berakhir Damai, Bupati Indramayu Nina Agustina Mediasi Kecelakaan Perahu Nelayan Tradisional Dengan Kapal Tanker
Peringatan Hari Kartini
Peringatan Hari Kartini
56 Tahun Mengudara, Kenang Masa Kejayaan Radio K2 911 FM
Musrenbang RPJPD 2025-2045 Dan RKPD 2025, Bupati Indramayu Tekankan Pentingnya Sinergitas Antar Stakeholder
Bek Timnas Putri U-17 Indonesia Nanda Rahmawati Ternyata Orang Indramayu, Akan Tampil di Piala Asia Putri U-17
Libur Lebaran 2024, Kunjungan Wisatawan di Indramayu Tembus 103.062 orang. Ini Objek Wisata Paling Banyak Dikunjungi
Sidak Hari ke-2, Pelayanan Publik Berjalan Normal
Hari Pertama Kerja Pasca Libur Idulfitri, Kehadiran ASN Indramayu Mencapai 98,15 %
Dukung Kelancaran Mudik, Bupati Indramayu Nina Agustina Siapkan Layanan Air Bersih Dan Toilet Bagi Pemudik
Ribuan Umat Muslim Padati Salat Idulfitri di Alun-alun Puspawangi Indramayu
H-1 Lebaran Menhub dan Bupati Nina Agustina Pantau Langsung Pantura Indramayu
Senyum Sumringah Para Petugas Kebersihan, Terima THR dari Bupati Indramayu
Raih Keberkahan Ramadan, DKM Masjid Jami Nurul Huda Santuni Anak Yatim
Petugas Gabungan Terus Razia Penyapu Koin di Jembatan Sewo
RSUD Pantura M.A.Sentot Patrol Siapkan Layanan Terbaik
GPM Serempak, 100 Ton Beras Didistribusikan ke Seluruh Kecamatan di Indramayu
Sudut Baca Bermartabat, Berikan Rasa Nyaman Bagi Pemudik Saat Singgah Di Kabupaten Indramayu
Forum Indramayu Studi Hadirkan Kedai Kopi Spesial Nusantara Berdayakan Disabilitas
Rajut Sinergitas dan Keberkahan, PCNU Indramayu Adakan Buka Puasa bersama.
Disdikbud Lakukan Pembinaan Untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Indramayu
Scroll to Top