Ngantor Ning Desa Tegalurung, Pemcam Balongan Dekatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Spread the love

 

DISKOMINFO INDRAMAYU – Pemerintah Kecamatan Balongan menggelar kegiatan ngantor ning desa sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu pelayanan pemerintahan desa kepada masyarakat.

Kegiatan ngantor ning desa tersebut pertama kali digelar Pemcam Balongan di Desa Tegalurung dan berlangsung selama 2 hari dari 4 hingga 5 desember 2023.

Camat Balongan, Opik Hidayat melalui Sekmat Balongan, Baman menyampaikan, dilangsungkannya acara ngantor ning desa sebagai langkah yang dilakukan oleh Pemcam Balongan dalam mendekatkan pelayanan pemerintah kecamatan kepada masyarakat. Dengan hadirnya program tersebut, masyarakat tidak harus berkunjung ke kecamatan.

“Program ini kita gulirkan selain untuk meningkatkan mutu pelayanan namun juga untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya kepada Diskominfo Indramayu, Senin (4/12/2023).

Lanjut Baman, program ngantor ning desa juga bertujuan untuk meningkatkan tata kelola pemerintah desa serta mendorong penataan administrasi pada aspek yang masih dianggap belum optimal.

Tak hanya itu, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan interaksi dengan masyarakat guna mendengarkan aspirasi sekaligus ‘belanja masalah’ sehingga dapat dicari solusi dari permasalahan tersebut.

“Pada progam ngantor ning desa, kami juga memberikan edukasi ke desa dalam upaya perbaiki administrasi di desa serta mendengarkan keluh kesah masyarakat supaya bis akita cari bersama solusinya,” sambungnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Tegalurung, Abdullah bersama jajaran perangkat desa menyambut baik dengan adanya program ngantor ning desa tersebut.

Menurutnya, kegiatan ngantor ning desa sangat membantu terutama dalam upaya mengurai beragam permasalahan serta sebagai forum diskusi dalam mengembangkan potensi desa.

Potensi yang telah dibahas dan disepakati untuk dikembangkan antara lain pengembangan Posyandu menjadi Taman Posyandu dengan mensinergikan kegiatan Tim Penggerak PKK Desa, Pendidikan Anak Usia Dini dan pelaksanaan Posyandu beserta Bina Keluarga Balita dan Bina Keluarga Lansia, merintis sekolah ramah anak, serta meningkatkan pelayanan kesehatan dasar dan rujukan.

“Termasuk bagaimana mengembangkan Bumdes menjadi media untuk meningkatkan peluang berusaha bagi generasi muda desa serta menyukseskan seluruh program Ibu Bupati Hj. Nina Agustina menuju Indramayu Bermartabat,” ujarnya.

Abdullah menambahkan, banyak capaian prestasi yang sudah mengharumkan desa salah satunya adalah menjadi juara 1 untuk Lomba Puspa Tingkat Kabupaten Indramayu.

Guna terus mensukseskan program Puspa tersebut, Abdullah juga mengajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan pekarangan kosong guna ditanami berbagai tanaman pangan. (FKR/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

TERBARU

Bangga! Putri Indramayu Ikuti Melayu Day 2024 di Thailand
Bupati Nina Agustina Apresiasi Antusias Ribuan Masyarakat Padati GPM Di Kecamatan Indramayu dan Balongan
DPMD Indramayu dan BPKP Berikan Sosialisasi Update Sistem Keuangan Desa
Haru, Tiba-Tiba Seorang Ibu Datangi dan Peluk Bupati Nina Agustina Sampaikan Hal Ini
Lomba TTG Digelar, Inovator Muda Unjuk Keahlian
Langkah Jitu Bupati Nina Agustina Stabilkan Harga Pangan, Gerakan Pasar Murah Diserbu Warga
Edukasi Pelestarian Budaya Daerah Melalui Peringatan Dina Basa Mimi Sejagat
Buka Musda Himpaudi, Bupati Nina Harapkan Lahir Pemimpin Visioner dan Berintegritas
Tiga Pelajar Meninggal, Bupati Nina Takziah ke Rumah Duka
HUT GOW se-Ciayumajakuning
HUT GOW se-Ciayumajakuning
Stabilkan Harga dan Tekan Inflasi, Gerakan Pasar Murah Segera Hadir di 31 Kecamatan
Putra Indramayu, Turut Perkuat Peluang Kerja Sama Indonesia - Amerika Latin
Akhir Pekan, Bupati Indramayu Bercengkrama Dengan Kaum Zilenial
Diskominfo Siapkan TTE Bagi ASN dan Kuwu se-Indramayu
Masyarakat Jatibarang Baru Antusias Sukseskan Pemilu
Bupati Nina Agustina dan Forkopimda Keliling Gudang Logistik Pastikan Pemilu Berjalan Lancar
Jalankan Pemerintahan di Desa, Bupati Nina Agustina Tugaskan 136 PNS Sebagai Penjabat Kuwu
Gelar Sarasehan Budaya, Bupati Nina Ajak Seniman, Budayawan dan Masyarakat Andil Dalam Pemajuan Budaya di Indramayu
Debit Cimanuk Naik, Bupati Nina Agustina Ingatkan Semua Pihak Untuk Waspada
Kerahkan 834 Personil, Bupati Nina Agustina Pimpin Pergeseran Pasukan Pengamanan Pemilu
Scroll to Top