Peringatan Hari AIDS se-Dunia Perkuat Kolaborasi dan Tingkatkan Solidaritas

DISKOMINFO INDRAMAYU – Peringatan Hari AIDS se-Dunia tanggal 1 Desember dijadikan momentum untuk memperkuat kolaborasi dan meningkatkan solidaritas. Sehigga 10 tahun mendatang target akhir AIDS pada tahun 2030 bisa tercapai.

Hal tersebut ditegaskan Pjs. Bupati Indramayu yang juga Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Indramayu Bambang Tirtoyuliono ketika memberikan steatment untuk peringatan Hari AIDS se-Dunia tanggal 1 Desember 2020, di Pendopo Indramayu, Senin (30/11/2020).

Bambang menegaskan, peringatan Hari AIDS se-Dunia diharapkan menjadi refleksi bagi semua pihak agar kasus tersebut tidak terus tumbuh di Kabupaten Indramayu.

Penguatan kolaborasi dengan berbagai pihak baik pemerintah provinsi, dan pusat serta elemen masyarakat lainnya harus terus dimasifkan. Selain itu, penguatan solidaritas terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) juga terus ditingkatkan. Pada tahun 2030 mendatang Indonesia menargetkan akhir dari AIDS.

“Target sepuluh tahun mendatang mari sama-sama kita wujudkan agar Indramayu benar-benar terbebas dari HIV/AIDS,” kata Bambang.

Bambang menambahkan, HIV/AIDS dapat dicegah dan dikendalikan dengan menerapkan Suluh, Temukan, Obati, dan Pertahankan (STOP).

“Mari kita berkomitmen untuk menuju Goals SPM National Three Zeroes yaitu tidak ada lagi infeksi baru HIV, tidak ada lagi kematian akibat AIDS, dan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap ODHA,” tegas Bambang.

Sementara itu Ketua Harian KPA Kabupaten Indramayu, Maman Kostaman mengatakan,
pada tahun 2019 lalu jumlah penderita HIV mencapai 510 orang dan sudah AIDS 300 orang, sedangkan pada tahun 2020 ini sampai dengan bulan Agustus tercatat 318 orang HIV, dan 136 orang sudah AIDS.

“Jumlah ini harus menjadi perhatian serius kita dan masyarakat,” kata Maman.

Berbagai kegiatan akan dilaksanakan dalam peringatan Hari AIDS se Dunia tahun 2020 ini yakni bulan tes HIV bagi ibu hamil, talkshow, stan KIE, zoom meeting, dan berbagai kampanye di media sosial. (Aa DENI/DEDY/Diskominfo Indramayu)