Peringati HUT ke-76 PGRI, Bupati Nina Agustina Luncurkan Program KIA

Peringati HUT ke-76 PGRI, Bupati Nina Agustina Luncurkan Program KIA

 

 

DISKOMINFO INDRAMAYU — Memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN), Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar meluncurkan Gebyar 1.000 Kartu Identitas Anak (KIA). Acara peluncuran (launching) berlangsung di SMPN 1 Gabuswetan Kecamatan Gabuswetan, Kamis (25/11/23).

Bupati Nina Agustina didampingi Plt. Dinas Pendidikan Caridin serta Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Mohc. Iskandar mengatakan, identitas penduduk seyogyanya tidak hanya diperuntukan bagi orang yang sudah berumur 17 tahun atau belum berumur 17 tahun tapi sudah menikah. Tetapi identitas diri juga diberikan kepada anak-anak yang berumur kurang dari 17 tahun. 

Artinya, jelas Bupati Nina Agustina, identitas penduduk diberikan oleh pemerintah kepada penduduk untuk semua usia.

“Adapun identitas penduduk untuk anak usia di bawah 17 tahun atau usia 17 tahun kurang satu hari, bernama Kartu Indentitas Anak atau KIA,” katanya.

Bupati Nina Agustina mengatakan, kegiatan launching KIA dalam tajuk Gebyar 1.000 KIA di SMPN 1 Gabuswetan ini merupakan titik awal dimulainya proses penerbitan KIA. Dengan begitu, pembuatan KIA tidak lagi dilakukan terpusat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, melainkan sudah dapat dilakukan di 31 kecamatan. 

Tujuannya, imbuh orang nomor satu Indramayu itu, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak harus ke kabupaten, cukup membuat KIA di masing-masing. 

“Kedepannya saya meminta kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil agar dapat melakukan kerjasama dengan dunia usaha dan pelaku usaha yang berkaitan dengan kebutuhan anak-anak seperti toko buku, tempat rekreasi, pusat bermain anak yang ada di Kabupaten Indramayu, dengan memberikan potongan harga kepada anak-anak yang telah memiliki Kartu Identitas Anak dapat memanfaatkannya, sehingga keberadaan KIA yang dimiliki mempunyai nilai tambah,” kata Bupati Nina Agustina.

Dalam kesempatan itu, Bupati Nina Agustina mengucapkan selamat kepada guru-guru se-Kabupaten Indramayu yang pada hari ini merayakan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2021. Menurutnya, guru adalah sosok yang terdepan dalam membentuk karakter anak, juga mendidik anak.

“Selamat Hari Guru. Guru adalah sosok yang terdepan. Mari kita sama-sama membangun pendidikan di Indramayu ke arah yang lebih baik, untuk mewujudkan Indramayu Bermartabat,” pintanya. (Oyib/Dedy–Tim Publikasi Diskominfo Indramayu).