Puskesmas Lohbener Kick Off Program Nasional BIAN

Puskesmas Lohbener Kick Off Program Nasional BIAN

DISKOMINFO INDRAMAYU — Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Lohbener Kabupaten Indramayu melaksanakan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), di Halaman Kantor Desa Pamayahan, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Kamis (4/8/2022).

Program BIAN tahap II berlangsung di seluruh provinsi di Jawa-Bali mulai Agustus hingga September 2022, dan untuk mensukseskan program nasional tersebut di Kabupaten Indramayu mulai dimassifkan termasuk dari jajaran Puskemas Lohbener dan Pemerintah Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu.

Dikatakan Kepala Puskesmas Lohbener dr. Andri, program BIAN ini dilakukan guna meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap pada bayi di Indonesia khususnya di Indramayu, mengingat selama pandemi Covid-19 mengalami penurunan.

Lanjut Andri, sehingga untuk mengejar cakupan imunisasi rendah itu diharapkan melalui program BIAN bisa meningkatkan kembali cakupan imunisasi di Indonesia dan di Kabupaten Indramayu khususnya.

Menurutnya, masyarakat bisa mengikuti program BIAN ini di Pos Layanan Terpadu (Posyandu), Puskesmas, Dokter Praktek maupun Klinik yang ditunjuk, sehingga diharapkan melalui program BIAN ini Target Imunisasi Tambahan CR adalah 95% dan Imunisasi Kejar 80%.

“Saya mengajak masyarakat di Kecamatan Lohbener untuk mengikuti program BIAN, karena selain meningkatkan cakupan imunisasi akibat wabah Covid-19 juga untuk mewujudkan Indonesia bebas dari campak rubela dan penyakit polio serta mencegah stunting (Red: Gagal tumbuh pada anak),” ajaknya saat dikonfirmasi Diskominfo Indramayu.

Sementara itu Camat Lohbener Masroni mengatakan, Pemerintah Kecamatan Lohbener dan Puskesmas Lohbener bersama-sama akan menyukseskan program BIAN dengan melibatkan sejumlah unsur untuk mengajak masyarakat yang memiliki balita mengikuti program BIAN.

“Ini kan program nasional dari mulai Agustus hingga September 2022 nanti. Saya bersama semua unsur Kapolsek, Danramil, Kuwu, RW hingga RT untuk bergerak, menyisir dan menggerakkan orang tua yang memiliki balita agar semuanya datang ke posyandu-posyandu atau puskesmas,” katanya.

Diungkapkan Masroni, program BIAN ini salah satu upaya untuk mencegah terjadinya stunting pada balita dan penyakit-penyakit lainnya dan pastinya menjadikan anak-anak lebih sehat.

“Karena bagaimanapun BIAN ini merupakan pencegahan terhadap stunting. Oleh karena itu semuanya harus mendapatkan atau bisa ter imunisasi bagi balita di Kecamatan Lohbener,” pungkasnya. (M/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)