Terapkan Program Desa Cantik, BPS dan Diskominfo Indramayu Berikan Pembinaan di Desa Tegalurung

Spread the love

 

DISKOMINFO INDRAMAYU – Bidang Statistik dan Persandian (Santik) pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu bersama Badan Pusat Statistik Kabupaten Indramayu melaksanakan sosialisasi, pembinaan serta pencanangan Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) dalam mendorong kolaborasi data untuk kebijakan tepat sasaran, Selasa (19/09/2023).

Desa Cantik 2023 merupakan sebuah program peningkatan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data regsosek sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran.

Kegiatan yang diselenggarakan di kantor Desa Tegalurung tersebut dihadiri oleh Camat Balongan, Opik Hidayat, Ketua BPS Indramayu, Ono Margiono, Kepala Bidang Santik Diskominfo Indramayu, Kiky Nurhakiky, Kepala Desa Tegalurung yang diwakili oleh Sekretaris Desa, Aparat Desa, Babinsa Tegalurung dan Babinkamtibnas Tegalurung.

Dalam sambutannya, Camat Balongan, Opik Hidayat mengatakan dirinya bersyukur atas terpilihnya Desa Tegalurung yang menjadi desa percontohan program Desa Cantik.

“Alhamdulillah, Desa Tegalurung ini dapat menjadi desa percontohan di Kabupaten Indramayu dalam penerapan program Desa Cantik,” ungkapnya.

Diketahui, Desa Tegalurung merupakan salah satu desa dari 230 desa terbaik se-Indonesia untuk menjadi desa percontohan di Kabupaten Indramayu dalam penerapan program Desa Cantik yang diselenggarakan BPS.

Kemudian, menurut Kepala BPS Indramayu, Ono Margiono, pembinaan program Desa Cantik bertujuan untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan serta masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa dan seluruhnya dalam standarisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan perbandingan indikator statistik,” ujarnya.

Selain itu, Ono juga menambahkan, tujuan pembinaan tersebut adalah mengoptimalisasi pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan dapat tepat sasaran.

“Pembinaan atau sosialisasi ini juga mengoptimalisasi penggunaan data statistik sehingga program-progam pembangunan yang di desa atau kelurahan tepat sasaran dan juga dapat mengentaskan kemiskinan,”

Selanjutnya, Kepala Bidang Santik Diskominfo Indramayu, Kiki Nurhakiky mengatakan Desa sebagai satuan wilayah terkecil diharapkan dapat menjadi subjek dalam pembangunan pemerintah desa hingga pusat.

“Desa itu sekarang perannya sangat strategis, karena sebagai satuan wilayah terkecil, desa diharapkan bukan sebagai objek pembangunan tetapi sebagai subjek, karena kebanyakan data itu dari desa, untuk mencapai itu, pemerintah desa harus memiliki tata kelola yang baik, salah satunya yaitu pengelolaan data statistik,” katanya. (ISN/MTQ–Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

TERBARU

Bangga! Putri Indramayu Ikuti Melayu Day 2024 di Thailand
Bupati Nina Agustina Apresiasi Antusias Ribuan Masyarakat Padati GPM Di Kecamatan Indramayu dan Balongan
DPMD Indramayu dan BPKP Berikan Sosialisasi Update Sistem Keuangan Desa
Haru, Tiba-Tiba Seorang Ibu Datangi dan Peluk Bupati Nina Agustina Sampaikan Hal Ini
Lomba TTG Digelar, Inovator Muda Unjuk Keahlian
Langkah Jitu Bupati Nina Agustina Stabilkan Harga Pangan, Gerakan Pasar Murah Diserbu Warga
Edukasi Pelestarian Budaya Daerah Melalui Peringatan Dina Basa Mimi Sejagat
Buka Musda Himpaudi, Bupati Nina Harapkan Lahir Pemimpin Visioner dan Berintegritas
Tiga Pelajar Meninggal, Bupati Nina Takziah ke Rumah Duka
HUT GOW se-Ciayumajakuning
HUT GOW se-Ciayumajakuning
Stabilkan Harga dan Tekan Inflasi, Gerakan Pasar Murah Segera Hadir di 31 Kecamatan
Putra Indramayu, Turut Perkuat Peluang Kerja Sama Indonesia - Amerika Latin
Akhir Pekan, Bupati Indramayu Bercengkrama Dengan Kaum Zilenial
Diskominfo Siapkan TTE Bagi ASN dan Kuwu se-Indramayu
Masyarakat Jatibarang Baru Antusias Sukseskan Pemilu
Bupati Nina Agustina dan Forkopimda Keliling Gudang Logistik Pastikan Pemilu Berjalan Lancar
Jalankan Pemerintahan di Desa, Bupati Nina Agustina Tugaskan 136 PNS Sebagai Penjabat Kuwu
Gelar Sarasehan Budaya, Bupati Nina Ajak Seniman, Budayawan dan Masyarakat Andil Dalam Pemajuan Budaya di Indramayu
Debit Cimanuk Naik, Bupati Nina Agustina Ingatkan Semua Pihak Untuk Waspada
Kerahkan 834 Personil, Bupati Nina Agustina Pimpin Pergeseran Pasukan Pengamanan Pemilu
Scroll to Top