Tingkatkan Minat Baca, DPA dan Kejari Indramayu Lakukan Safari Literasi

Tingkatkan Minat Baca, DPA dan Kejari Indramayu Lakukan Safari Literasi

DISKOMINFO INDRAMAYU – Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu bersama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Indramayu melaksanakan Safari Literasi Bermartabat dan Bersahaja (Bersahabat dengan Jaksa) di Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Selasa (2/8/2022).

Safari literasi Bermartabat dan Bersahaja ini sebagai upaya untuk meningkatkan kegemaran membaca di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Indramayu. Selain itu, safari tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan literasi hukum bagi masyarakat.

Camat Kedokanbunder, Atang Suwandi menjelaskan, kegiatan yang diinisiasi oleh DPA ini sangat bagus karena dapat meningkatkan minat baca masyarakat Kecamatan Kedokanbunder. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan perpustakaan yang ada di desa, masjid, sekolah, ataupun lainnya.

“Safari literasi ini tentu saja muaranya akan menjadikan masyarakat Indramayu semakin maju sesuai dengan visi Indramayu Bermartabat,” kata Camat Atang.

Kepala DPA Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan menjelaskan, pengelolaan perpustakaan dan arsip merupakan urusan wajib yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Untuk itu pengelolaan perpustakaan dan arsip harus dimaksimalkan dan terus ditingkatkan sesuai dengan standar pengelolaan perpustakaan dan arsip.

Iwan menambahkan, pihaknya siap memberikan pembinaan lanjutan kepada desa-desa dalam pengelolaan perpustakaan dan arsip sehingga dapat menghasilkan perpustakaan yang benar-benar menjadi andalan masyarakat.

Sementara itu Kasi Intel Kejaksaan Negeri Indramayu, Gunawan Hari Prasetyo mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk lebih mendekatkan Kejaksaan kepada masyarakat agar paham dengan tugas pokok dan fungsinya. Yang lebih penting yakni masyarakat paham tentang hukum sehingga dapat menghindari perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum.

“Kita ingin masyarakat lebih paham tugas pokok dan fungsi Kejaksaan Negeri melalui literasi hukum. Masyarakat juga harus sadar hukum melalui literasi sehingga bisa menghindar dari perbuatan yang melanggar hukum,” katanya.

Kegiatan Safari Literasi tersebut juga memaparkan berbagai perkembangan dan kebijakan terkait dengan BPJS Kesehatan.

Selama Safari Literasi itu, mobil perpustakaan keliling milik DPA diserbu oleh pelajar yang juga ikut meramaikan kegiatan di Desa Digital Cangkingan tersebut. (Deni – Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)