Wujudkan Le-Dig dan La-Da

Wujudkan Le-Dig dan La-Da

Desa Cangkingan Digitalisasi Tanah Kas Desa

DISKOMINFO INDRAMAYU – Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder setelah menasbihkan diri sebagai ‘Desa Digital’ kini terus melakukan berbagai inovasi dan terobosan yang sangat luar biasa.

Terbaru, Desa Cangkingan melakukan upaya untuk mendigitalisasi tanah kas desa yang dimiliki Pemdes Cangkingan. Harapannya, digitalisasi tersebut akan memberikan jaminan data dan keberadaan tanah kas desa yang merupakan aset desa.

Kuwu Cangkingan Didi Wahyudi menjelaskan, digitalisasi tanah kas desa merupakan langkah nyata untuk menginventarisir dan mengidentifikasi aset desa secara digital dengan menggunakan teknologi. Selama ini inventarisasi dan identifikasi dilakukan secara manual namun dengan digitalisasi akan mendapatkan kepastian lokasi, posisi, batas desa, maupun lainnya yang telah tersimpan secara digital.

Menurutnya, langkah yang dilakukan yaitu dengan mengaplikasikan GPS dan GIS sehingga bisa dikombinasikan dengan aplikasi _google earth._ Setelah mendapatkan posisi, batas desa, dan lainnya selanjutnya setiap objek akan disimpan dan bentuk fisiknya bisa dicetak untuk dibukukan.

“Alhamdulillah tanah kas desa yang merupakan aset desa sudah kita lakukan digitalisasi. Ini merupakan langkah kita untuk mengamankan aset desa,” katanya, Rabu (29/6/2022).

Sementara itu Camat Kedokanbunder, Atang Suwandi mengatakan, langkah digitalisasi tanah kas desa ini merupakan sinergitas antara pemerintah desa dengan Pemkab Indramayu dalam mewujudkan program unggulan yakni Lebu Digital dan Lacak Aset Daerah.

Sementara itu Bupati Indramayu Nina Agustina ketika melakukan pertemuan dengan para Kuwu se-Kecamatan Kedokanbunder di Pendopo Indramayu beberapa waktu lalu sangat mengapresiasi langkah cepat Desa Cangkingan yang selalu mendukung 10 program unggulan pemerintah daerah. Desa Cangkingan menjadi pelopor program La-da di Kabupaten Indramayu dan mungkin satu satunya di Jawa Barat yang sudah menginventarisasi aset tanah kas desa secara digital.

Bupati Nina juga berharap seluruh desa di Kabupaten Indramayu bisa mengadopsi apa yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Cangkingan.*(kiriman kec. Kedokanbunder — Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)*