Amanat Presiden Joko Widodo pada Harganas Ke-29

SHARE

Bupati Nina: Angka Stunting Indramayu Sudah Capai 14,4%

DISKOMINFO INDRAMAYU – Pada upacara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-29 Tahun 2022 yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara pada Kamis (07/07/2022), Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengamanatkan, pada tahun 2024, Indonesia memiliki target angka penurunan stunting menjadi 14%.

Presiden Joko Widodo hadir didampingi Ibu Iriana serta para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Hasto Wardoyo, Gubernur dan Bupati/Walikota dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya upaya penurunan angka Stunting di Indonesia.

“Angka stunting harus betul-betul diturunkan. Pada tahun 2013, persentase angka stunting adalah 37,2%. Angka tersebut menurun pada tahun 2021 ke angka 24,4%, dan pada tahun 2024, Indonesia memiliki target angka penurunan stunting menjadi 14%,” ujar Presiden Joko Widodo.

Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yang diwakili Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disduk-P3A) Kabupaten Indramayu Takmid menyatakan, upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Indramayu terus gencar dilakukan.

Turut menyaksikan jalannya upacara puncak peringatan Harganas Ke-29 secara daring di Ruang Indramayu Command Center, Takmid menyatakan, upaya yang melibatkan seluruh stakeholder terkait ini telah terbukti membuahkan hasil yang menggembirakan. Angka stunting di Kabupaten Indramayu berhasil diturunkan secara signifikan.

Tercatat, pada tahun 2019 angka stunting di Kabupaten Indramayu mencapai 29,9%. Berkat kerja keras seluruh pihak terkait, pada tahun 2022 terjadi penurunan hingga 50%. Hasilnya adalah pada tahun 2022, angka stunting di Kabupaten Indramayu tercatat menurun menjadi 14,4%.

“Alhamdulillah berkat bimbingan Ibu Bupati, seluruh perangkat daerah dan stakeholder terkait terus berusaha menurunkan stunting, dan hasilnya adalah penurunan sampai 50% sehingga angka stunting Kabupaten Indramayu sudah hampir mendekati apa yang diharapkan oleh Presiden Joko Widodo,” ujarnya. (Isnaini/MTQ – Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)