Bakti ke Masyarakat dan Lingkungan, Polres Indramayu Laksanakan Penanaman Pohon

SHARE

 

DISKOMINFO INDRAMAYU - Hari Bhayangkara Kepolisian Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 1 Juli selalu menghadirkan berbagai kegiatan, salah satu bentuk peringatan tahun 2024 ini adalah Penanaman Pohon Serentak di seluruh Indonesia, Kamis (27/06/2024).

Untuk Kabupaten Indramayu pelaksanaan Penanaman Pohon serentak tersebut di pusatkan di Pantai Karangsong.

Dalam sambutanya Kapolres Indramayu M. Fahri Siregar menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan upaya Polri turut serta dalam menjaga pesisir pantai dan ekosistem alam di Indramayu.

Adapun pohon yang ditanam total sebanyak 10.000 pohon antara lain pohon mangrove, ketapang kencana, mahoni, kayu putih, petai, mangga, jambu air, jeruk dan kelengkeng.

"Pohon yang di tanam terbanyak yaitu mangrove sebanyak 3.000 pohon yang ditanam di pantai Karangsong dan sekitarnya," ungkapnya.

Diketahui pohon mangrove ini juga bisa sebagai penahan aberasi pantai dan jika tumbuh dengan baik bisa sebagai daya tarik pariwisata, untuk hal tersebut pihaknya mengajak untuk bersama-sama menjaga pohon yang sudah ditanam untuk terus hidup dan terpelihara dengan baik.

Terkait tata kelola lingkungan hidup, Polri dengan menggerakkan sumber daya Kamtibmas terus memberikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat dan para pengunjung wisata untuk menjaga keamanan dan ketertiban bersama-sama.

Sementara Bupati Indramayu Nina Agustina dalam sambutanya yang di sampaikan oleh Kepala bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Indramayu, Elly Sunarti bahwa upaya pengendalian lingkungan secara global merupakan agenda dunia. Pemkab Indramayu bekerjasama dan berkolaborasi dengan pegiat lingkungan dan pihak terkait lainnya dalam upaya penanganan lingkungan hidup.

Pohon Mangrove (Bakau) merupakan tanaman penahan aberasi di pantai dan bisa menciptakan industri pariwisata yang bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Serta bisa menumbuhkan dan mensejahterakan para pelaku UMKM di Indramayu sehingga visi Indramayu Bermartabat bisa terwujud dengan baik.

"Pemkab Indramayu sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Polri atas kegiatan penanaman pohon ini," ungkapnya.

Penanaman pohon mangrove secara simbolis dilakukan oleh Kapolres Indramayu M. Fahri Siregar, kemudian dilanjutkan oleh para tamu undangan lainnya serta penanaman pohon akan dilakukan di beberapa tempat lainnya di Indramayu. (Diskominfo Indramayu)

Penulis : Teno
Editor : Aa Deni