Dari Sekedar Hobi, Akhirnya Pecinta Bonsai Indramayu Bentuk RUBI

SHARE

 

DISKOMINFO INDRAMAYU – Bonsai yang awal mula berkembang di Jepang kini sudah menyebar hingga ke berbagai wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Indramayu. Saat ini para pencinta Bonsai di Kabupaten Indramayu mencapai sekitar 700 orang.

Untuk menyatukan dan mewadahi pencinta Bonsai di Kabupaten Indramayu, kini telah terbentuk kepengurusan Rumah Bonsai Indonesia (RUBI) Kabupaten Indramayu, Minggu (28/3/2021) di LoLo Coffe and Resto Jalan Jenderal Sudirman Indramayu.

Pembentukan Kepengurusan RUBI Kabupaten Indramayu periode 2021-2026 secara resmi dikukuhkan oleh Presiden RUBI Prof. DR. Zudan Arief Fakrullah, SH., MH melalui Ketua Harian Taman. Kepengurusan RUBI Kabupaten Indramayu berjumlah sekitar 25 orang dengan mengakomodir berbagai wilayah di Kabupaten Indramayu.

Ketua Harian RUBI, Taman menjelaskan, dengan terbentuknya kepengurusan RUBI Kabupaten Indramayu maka para pecinta Bonsai telah memiliki wadah yang tepat untuk terus mengembangkan berbagai potensi dan kemampuan dalam dunia Bonsai.

“Dengan RUBI kita saling bertukar informasi dan kemampuan. Bonsai ini merupakan hobby yang menyenangkan di tengah pandemi dan bisa menghasilkan,” tegas Taman.

Sementara itu Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Asisten Pemerintahan, Jajang Sudrajat mengatakan, Bonsai bisa menjadi kegiatan yang menarik selama pandemi Covid-19. Pasalnya, kebijakan di rumah saja telah banyak orang yang berkreativitas dengan Bonsai.

Bonsai merupakan tanaman yang berukuran kerdil dan mempunyai nilai seni karena bentuknya yang unik dalam proses pembuatannya.

“Kita sangat apresiasi terhadap para pecinta Bonsai di Kabupaten Indramayu. Melihat jumlanya yang sangat banyak, ini potensial untuk terus dikembangkan,” kata Jajang.

Ketua RUBI Kabupaten Indramayu, Wawan Sulistiawan mengatakan, para pecinta Bonsai di Kabupaten Indramayu saat ini jumlahnya sangat banyak bahkan mencapai sekitar 700 orang.

“Setelah kepengurusan ini terbentuk, selanjutnya kami segera bergerak melakukan pembinaan kepada para pecinta Bonsai. Yang juga sangat penting saat ini adalah mempersiapkan pameran Bonsai terbesar di Indramayu bertepatan dengan ulang tahun Kabupaten Indramayu bulan Oktober mendatang,” katanya.

Pada kesempatan itu, selain hadir Pengurus RUBI Pusat dan Asisten Pemerintahan, turut hadir pula Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP), dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). (Aa Deni/Dedy-Diskominfo Indramayu)