Pemcam Cikedung Tangani Tanggul Sekunder Jebol

SHARE

DISKOMINFO INDRAMAYU — Pemerintah Kecamatan Cikedung merespon sedini mungkin manakala mengatasi adanya tanggul sekunder yang jebol tepatnya di Saluran Kiapit Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jum’at (22/7/2022).

Dikatakan Camat Cikedung Muhammad Nurulhuda, hujan deras yang mengguyur Desa Jatisura pada tiga atau dua hari belakangan telah menyebabkan debit air meningkat dan mengakibatkan tanggul saluran sekunder kiapit jebol.

“Karena waktu seharian hujan besar itu berapa hari yang lalu ya 3 atau 2 hari yang lalu membuat saluran sekunder jebol,” katanya kepada Diskominfo Indramayu, Jum’at (22/7/2022).

Camat Cikedung Muhammad Nurulhuda menambahkan, mengetahui adanya laporan kejadian jebolnya saluran sekunder kiapit langsung mendatangkan kendaraan alat berat dari Dinas PUPR Indramayu bekerjasama dengan pemerintah desa setempat untuk membendung bagian badan tanggul yang jebol sebagai upaya normalisasi.

“Kita lakukan langkah-langkah membendung badan sungai yang jebol dan agar normalisasi, dibantu dengan Dinas PUPR Indramayu bidang pengairan atau UPT kecamatan dan pemerintah desa setempat,” tambahnya.

Diharapkannya, upaya penanggulangan saluran sekunder kiapit ini tidak kembali terjadi jebol dan bisa membawa manfaat besar salah satunya meningkatnya produksi masa panen padi musim kemarau bagi petani Desa Jatisura dan sekitarnya di wilayah Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu. (MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)